by

Menuju Desa Yang Smart

BerbagiNews.com – Memiliki penampilan sederhana dan punya ide – ide cemerlang untuk berbuat lebih banyak kepada masyarakat, selalu terbuka bagi setiap penyelesaian masalah dan memberikan pencerahan jadikan sesuatu yang sulit menjadi mudah.

Dia adalah Ustad Kamarudin Zaelani, M.Ag menamatkan pendidikannya di UIN Jogyakarta, saat ini mengabdikan diri di UIN Mataram sebagai Dosen.

Karena kesederhanaan pola pikirnya Ustad. Kamarudin Zaelani, M.Ag saat ini diberikan amanah oleh masyarakat untuk membangun desanya yakni di menjadi Kepala desa di desanya desa Lembuak Kecamatan Narmada Lombok Barat.

Ust. Kamaruddin Zaelani Bersama Para Tokoh Masyarakat Lembuak

Beliau sangat antusias ketika kami menemuinya di kediamannya di Desa Lembuak dan menerangkan secara detail seperti arah mata angin bak Avatar tentang bagaimana wilayahnya kedepan.

Apa yang Ustd. Kamarudin Zaelani, M.Ag merupakan bentuk dari cita citanya untuk membentuk sebuah wilayah menjadi lebih baik dengan ide kreatifnya yakni :

  1. Ekonomi makro masyarakat malalui pembinaan kelompok.
  2. Pembinaan mental keagamaan melalui kajian dan seni islam.
  3. Pemeliharaan nilai, norma, dan seni kearifan lokal dalam mengukuhkan identitas kebangsaan.
  4. Pembinaan generasi muda dalam bingkai nasionalis, agamais, dan lokailistik, yang akan diimplentasikan melalui karang taruna, remaja masjid/kerama pure, dan terune dedare didesanya.

Tiga point besar ini akan tertuang secara bertahap dalam bingkai desa wisata lembuak.

  1. Wisata kuliner
  2. Wisata religi
  3. Wisata budaya.

Semua ada di lembuak karena beberpa aset yg dimiliki, sperti ponpes, situs dan ritus budaya serta peninggalan kerajaan masa lalu wilayahnya memiliki semianya.

Semoga apa yang diungkapkan Tokoh muda ini bukanlah sebuah wacana namun akan menjadi perhatian semua pihak dan akan bisa terwujud jika banyak pihak terlibat disini.

Kesederhanaan berfikir dan solusi memang ciri khas dari sosok muda ini dan yang setiap yang dilontarkannya adalah sesuatu yang realistis untuk menuju sebuah tujuan yang baik yakni jadikan desanya sebuah desa yang Smart yakni Smart Village. (Joy)

Baca Juga :  Begitu Tretetet Datang, Pesawat Rusak itu Tiba-tiba Hidup

News Feed