Nenek Irah, Hidup Dari Belas Kasihan Tetangga

Tangan Berbagi1874 Views

Lombok Barat – BerbagiNews.com – Bagi sebagian orang, menjalani masa tua bersama anak dan cucu merupakan sebuah kebahagiaan. Sebagai orang lanjut usia, merupakan kewajaran jika dirawat oleh anaknya.

Kebahagiaan itu tidak dialami oleh Nenek Irah 100 Tahun di Dusun Sidemen Lauk Desa Sidemen Kec. Batu layar Lombok Barat yang harus tinggal seorang diri di sebuah gubuk reyot.

Nenek Irah Perawan Tua, memiliki saudara tetapi sama sama juga dari keluarga dhuafa. Jadi, tidak ada yang merawat nenek Irah. Alhasil nenek harus hidup terlantar dan tinggal di gubuk berukuran Satu setengah Meter kali dua meter. Sangat memprihatinkan nasibnya.

Tempat Tinggal atau tempat tidur nenek Irah tersebut hanya terbuat dari bambu yang sudah tidak layak huni. Atapnya pun sudah berlubang. Bocor saat hujan.

Nenek Irah pun kerap kali kehujanan dan mengungsi ke rumah tetangga. Tidak ada kasur, hanya ada dipan bambu untuk tidur. Bahkan, kamar mandinya pun jadi satu di ruangan itu berisi ember kecil tempat air dan tempat cuci piring, Jadi satu tempat makan, tidur dan shalat.

Pada saat BerbagiNews mengunjungi nenek Irah, beliau sedang melaksanakan Sholat Ashar. “Alhamdulillah saya selalu Ingat Waktu Sholat”. kata Nenek Irah.

Yang lebih miris lagi inilah nampak di video keadaan nenek Irah yang sebenarnya sdh menderita seperti ini selama lima tahunan lebih.. Kakinya sudah tidak bisa diluruskan.

Walaupun kondisi seperti ini nenek Irah tetap tersenyum sembari ngobrol bersama tim berbaginews.com ia berucap..” Lihat itu ada wc….Satu kamar hanya pake dipan gak ada yg kasi kasur , ungkapnya.

Sekarang Keinginan nenek Irah adalah ingin gubuk reyotnya diperbaiki agar layak huni. Gubuk yang ditempati Nenek Irah selama ini dihimpit rumah permanen Gubuk itu hanya menjadi pemandangan orang orang di sekitar.

Baca Juga :  Walikota Mataram Resmikan Kampung PLN Banget di Lingkungan Presak Tempit

Untuk makan sehari-hari, nenek Irah hanya bisa mengandalkan belas kasihan dari tetangga.

Mari bergerak saudara kita sama sama bantu nenek Irah. Kita BEDAH gubuk reyotnya. Bagi Yang Punya Tenaga,, Mari Bantu Dengan Tenaga, Bagi Yang Punya Harta ,,Bantu Dengan Harta,,

Yang ingin bantu nenek Irah bisa salurkan melalui Tim Berbaginews.com

Semoga apa yang kita lakukan, bisa segera membahagiakan nenek. (Selvia/BBN)