by

Lingkungan Moncok Karya Luncurkan Program Gang Ramah Anak

Mataram, BerbagiNews.com – Dikota kota kota besar seperti kota mataram, jalanan kecil atau sering disebut “gang” banyak dijumpai tidak nyaman dan aman untuk dilalui, karena kurangnya kesadaran masyarakat atau warga sekitar untuk menjaga kebersihan, membuang sampah sembarangan dan sering terjadinya tembok dijadikan ajang corat coret, sehingga menyebabkan jalan kecil tersebut nampak terlihat kumuh dan tidak indah untuk dilihat.

Menyikapi hal tersebut Bapak Suhardi, S.Sos selaku Kepala Lingkungan Moncok Karya yang berada di Kelurahan Pejarakan Karya Kecamatan Ampenan Kota Mataram membuat Program Gang ramah anak.

Gang Ramah Anak ini adalah salah satu pemenuhan hak perlindungan anak. Beberapa persoalan yang terjadi pada anak salah satunya adalah kekerasan terhadap anak.

Gang Ramah anak ini diwujudkan dengan mewarnai, menggambar dan melukis tembok tembok gang dan disampaikan tulisan atau pesan pesan moral. Memberikan atau membuat tembok yang berwarna-warni ini yang begitu indah.

Program ini di harapkan dapat menciptakan sebuah keceriaan anak-anak yang bermain di sini, ajang pertemuan atau bersilaturahim anak-anak sambil membaca pesan berbagai pesan moral yang kami tuliskan di tembok ini sebagai edukasi kepada anak-anak supaya tidak terlalu banyak memegang HP dan hal-hal yang tidak positif.

Hal-hal yang sangat bersyukur terhadap anak-anak ini kami buat kami rancang dengan inisiasi yang bermitra dengan forum anak dikelompokkan atau komunitas anak dengan alasan untuk menghadirkan keamanan di jalan anak-anak sering keliaran di jalan raya, makanya saya buatkan Gang Ramah. Jangan membuat keributan, agar tercipta suasana yang aman dan nyaman.

Bapak Suhardi, S.Sos (Kepala Lingkungan Moncok Karya), menujunkkan salah satu Pesan yang ada di Tembok Gang Ramah anak, “KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA” (Foto Lalu Sahid)

Gang Ramah Anak ini juga dibuat untuk mencoba menunjukkan kreativitas anak yang tadinya dia melukis atau menggambar di sembarang tempat tetapi saya fokuskan disini (tembok gang) untuk menunjukkan kreativitasnya”, Ungkap Bapak Suhardi, S.Sos yang juga sebagai Pegawai Dinas Perlindungan Anak.

Baca Juga :  HPSN Sebagai Momentum Untuk Sadar dan Peduli Sampah

Program ini juga dari anak oleh anak dan untuk anak, dikerjakan atau digambar oleh anak anak, agar menjadi kampung yang bersih, rapi, indah, sehat dan aman idola bagi lingkungan yang lain.

Semua ini kami jadikan sebagai Gang Ramah, ramah lingkungan dan disini kami mencoba sebagai default projectnya di Gang RT 4, Kepala Lingkungan Moncok Karya, Bapak Suhardi mengharapkan, “Agar Program kami ini bisa berjalan mohon doa dan dukungan semua warga dan sekiranya ada donatur yang membantu material sehingga ini bisa rampung dalam waktu yang tidak terlalu lama. (Redaksi/BBN)

News Feed