Syahbandar Makassar Menggelar Sosialisasi Buku Pelaut Online

Nasional2255 Views

Makassar, BerbagiNews.com – (19/03/19) Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar menggelar kegiatan sosialisasi buku pelaut online V.02 dan integrasi port waste management system kedalam inaportnet.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah & BUMN, sekolah pelayaran, perusahaan pelayaran nasional dan rakyat.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, bapak Victor Vikki Subroto,MM,M.Mar.E dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Keselamatan Berlayar bapak Capt.M.Syaiful,SE,M.Mar mengatakan bahwa buku pelaut online V.02 dan integrasi port waste management system kedalam inaportnet harus dipahami dengan baik pengimplementasiannya oleh pengguna jasa dalam hal ini masyarakat maritim khususnya di Makassar.

Ketua panitia kegiatan, Capt.Romy Sumardiawan,MH,M.Mar menyatakan bahwa Revolusi 4.0 dalam industri pelabuhan dan pelayaran di Indonesia telah mendorong Ditjen Perhubungan Laut untuk melakukan langkah-langkah konkrit dalam sistem pelayanan termasuk di Kesyahbandaran Utama Makassar. Buku Pelaut online V.02 adalah pelayanan sistem kepelautan yang didesain lebih mudah baik bagi operator maupun user, demikian juga halnya dengan inaportnet yang secara berkelanjutan meningkatkan sistem pelayanan agar dapat terintegrasi dengan sistem yang lain dalan hal ini untuk mendukung pemerintah dengan program greenport yang ada di Indonesia melalui integrasi port waste management system kedalam inaportnet.

“Kegiatan ini adalah implementasi pemanfaatan IT secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pemangku kepentingan terkait atau pengguna jasa dalam mendukung program pemerintah mewujudkan National Single Window dan Green Port, sehingga dapat memberikan pemahaman kepada pengguna jasa terkait aplikasi dengan kondisi yang aktual di atas kapal dan akuntabel dalam hal validitas data yang diberikan”, papar Capt.Romy.

“Kami mengapresiasi Syahbandar Makassar menggelar sosialisasi ini, ini penting untuk disosialisasikan ke pengguna jasa untuk kelancaran penggunaan aplikasi khususnya bagi para pelaut di kapal yang kami ageni”,ujar H. Nurdin dari perusahaan pelayaran.

Baca Juga :  Menhub Upayakan Percepatan Pembangunan Sisi Darat dan Udara Bandara VVIP IKN

Hal senada juga disampaikan Ramli dari perusahaan Haluan Segara Lines, “Senang sekali di kegiatan ini kami juga dapat bersilaturahmi dengan perwakilan perusahaan-perusahaan pelayaran di Makassar”. (Dirhamzah/BBN)