Banjir Melanda Kecamatan Dompu, Ratusan Rumah Warga Terendam

Berita Utama2069 Views

Bidang : Sosbud
Perihal : Bencana Banjir diwilayah hukum Polsek Dompu

A. Pada hari Rabu tanggal 03 April 2019 Pukul 15.40 wita, telah terjadi Bencana Banjir Akibat Hujan Lebat Yang Mengguyur Wilayah Kecamatan Dompu dan meluapnya Air Sungai Ling. Jado, Kel. Dorotangga, Kec. Dompu sehingga pemukiman Warga Bantaran Sungai terendam Banjir.

B. Adapun Lokasi yang terendam Banjir :

  1. Ling. Mantro, Kel. Bali, Banjir merendam Rumah Warga sebanyak 50 KK.
  2. Ujung Pandang, Kel. Bali, banjir merendam Rumah Warga sebanyak 11 KK .
  3. Ling. Kota Baru, Kel. Bada, terendam sekitar 150 KK.
  4. Ling. Kampo Samporo, Kel. Bali, terendam Sekitar 115 KK.
  5. Kampung Jogja, Kel. Karijawa, terendam sekitar 20 KK
  6. Ling. Sigi , Kel. Karijawa , terendam banjir 40 KK.

C. Keterangan :

  1. Korban Jiwa : Nihil
  2. Kerugian Materil : Hewan ternak, Perabotan Rumah tangga.
  3. Beberapa Rumah Warga Mengalami Kerusakan dan sebanyak 3 Rumah warga Ling. Kota Baru dan Ling. Kampo Samporo terbawa Arus.

D. Pukul 16.40 wita, Tim Tagana tiba di Lokasi Banjir Ling. Kota Baru saat Anggota Polsek Dompu Melakukan Evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir dalam rumahnya dan terdapat Satu Orang Ibu yang baru melahirkan bersama Bayinya dapat di Evakuasi, dan beberapa Warga yang terjebak Banjir berhasil dievakuasi oleh Anggota Polsek Dompu dan dibantu Warga dengan Alat seadanya.

E. Pukul 16.57 wita, Anggota Polsek Dompu dan Tim Tagana kembali Melakukan Monitoring di sekitaran Bantaran Sungai Ling. Kampo Samporo, Kel. Bali untuk melihat Warga Yang terjebak Banjir dan terdapat tiga rumah Warga yang terbawa arus Banjir.

F. Pukul 17.40 wita, Air Sungai Ling. Kota Baru dan sekitarnya mulai Surut akan tetapi Air Banjir masih merendam rumah Warga.

Baca Juga :  NAJA, Tahfiz Asal Gomong Mewakili Kota Mataram Dalam Acara Hafiz Indonesia

G. Catatan :

  1. Telah terjadi Bencana Banjir di Kec. Dompu akibat Curah Hujan yang sangat tinggi di Wilayah Kecamatan Dompu, tidak ada Korban Jiwa dalam Bencana tersebut hanya Warga Mengalami Kerugian Materil berupa Hewan ternak, Perabotan Rumah tangga dan Kerusakan Rumah.
  2. Tidak menutup Kemungkinan Akan terjadi Banjir Susulan apabila Hujan terus mengguyur Wilayah Kecamatan Dompu.
  3. Melakukan Monitoring Lokasi Banjir, Melakukan Evakuasi terhadap Warga yang terjebak Banjir dan terdapat Satu Orang Ibu yang baru melahirkan beserta Bayinya berhasil di Evakuasi oleh Anggota Polsek Dompu dan Warga.
  4. Perlu dilakukan Kordinasi dengan Unsur pemerintah untuk pembangunan Dapur Umum dan Tenda tanggap Darurat bagi korban Banjir.

Demikian.