by

Solusi Keterbatasan Air Bersih, PLN UP3 Mataram Salurkan Bantuan di Lombok Barat

Lombok Barat, BerbagiNews.com – Krisis air bersih yang selama ini terjadi semasa musim kering/kemarau di Desa Bengkaung, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat menjadi perhatian PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram.

Melalui program Bina Lingkungan “PLN Peduli” memberikan bantuan berupa Sumur Bor yang kegiatan ini disalurkan melalui Yayasan Tangan Berbagi Indonesia. (28/04).

Desa Bengkaung terdiri dari 1.500 an Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 7 Dusun, dimana 3 Dusun berada di bawah bukit dan 4 Dusun berada di atas bukit, kecukupan air bersih menjadi suatu kendala yang cukup serius dikarenakan setiap musim kemarau tiba sumur resapan warga yang berada di Desa ini mengering.

“kami sangat bersyukur sekali karena program ini akan menopang banyak hal di desa bengkaung yang pertama adalah tentang krisis air desa bengkaung yang selama ini terjadi ketika di musim kering atau kemarau warga kami sering kekurangan air karena air sumur yang biasa atau sumur resapan itu kering”, ungkap H. Faizul Bayani, M.Pd yang menjabat sebagai Kepala Desa baru satu tahun ini.

Untuk lokasi Kades Faizul mengarahkan titik pengeboran di Dusun Bengkaung Lauk, Desa Bengkaung. Tidak tanggug-tanggung lokasi yang disediakan sekitar 9.060 m2 yang mana tata letak dari keberadaan sumur bor ini sudah termasuk dalam master plan rancangan destinasi taman wisata Trigona.

“lokasi ini kami pilih memang untuk pengeboran nya karena di sini master plan desa bengkaung untuk taman wisata destinasi desa madu trigona, lokasi ini luasnya 9.060m2 milik tanah pecatu yang tata letaknya sudah masuk dalam master plan”, jelasnya.

Dengan program bina lingkungan sumur bor masyarakat bengkaung ini diharapkan dapat membantu untuk mensosialisasikan program PT PLN (Persero) kepada masyarakat yaitu pemakaian listrik yang sah (tidak mencuri), membantu mengamankan aset PT PLN (Persero) di lingkungan terdekat dan kampanye kesadaran penggunaan listrik yang baik dan benar.

Baca Juga :  Berbagi Berkah Jumat di RSUD Tripat Lombok Barat

Dalam rangka mewujudkan program sumur bor masyarakat bengkaung yang harapan kedepannya masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut merasa nyaman lebih produktif dan terpenuhinya kebutuhan akan air bersih karena pada saat musim kemarau masyarakat desa bengkaung sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih serta masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dan lebih peduli akan aset PLN. (red)

News Feed