by

Kreatif… Himbauan “Stay At Home” diisi Warga Repok Bebek Dengan Mural

Mataram, BerbagiNews.com – Mendukung program pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) agar menerapkan sosial distancing, masyarakat tetap berada di rumah, mengurangi aktivitas di luar atau stay at home, hal ini menimbulkan ide kreatif warga Repok Bebek, Lingkungan Banjar, Kecamatan Selaparang untuk melukis setiap sudut dinding Lingkungannya. (11/05).

Banyak orang yang sering melihat lukisan pada dinding-dinding yang ada di jalanan atau pun trotoar. Bahkan beberapa diantara mereka juga sering melihat lukisan pada dinding-dinding rumah atau bangunan yang sudah tidak terpakai atau tidak berpenghuni, gambar atau lukisan yang Anda lihat pada beberapa tempat yang telah disebutkan diatas merupakan sebuah mural.

Berawal dari swadaya warga, baik berupa uang tunai dan cat yang tidak terpakai di himpun warga Lingkungan Banjar untuk memulai melukis satu per satu setiap sudut dinding yang berada dilingkungannya. Untuk jenis lukisan yang di terapkan bebas tanpa ada konsep, bagi mereka seni lukis yang dimiliki warganya bisa tersalurkan baik dari anak-anak sampai orang dewasa dan yang terpenting bisa mengisi kegiatan selama berdiam di rumah.

“motivasi kami mengadakan kegiatan ini untuk meminimalisir adik-adik kita agar tidak melakukan aktifitas di luar lingkungan selama dalam situasi saat ini, untuk pendanaan sementara ini semua dari masyarakat, kalau ada cat yang sisa kita kumpulkan untuk kita melukis. Rencana kami semua dinding akan kita lukis tentunya dengan seijin pemilik rumah dan bertahap karena saat ini dari swadaya masyarakat baru tercapai 25% yang sudah dilukis”, jelas Doni Ardodik selaku warga yang memotivasi warga lainnya.

“sementara ini kegiatan hanya dilakukan malam hari selepas shalat tarawih sampai menjelang sahur, tinggal 75% yang belum tersentuh biasa karena terkendala dana, rekan-rekan seniman juga mengerjakan ini secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan sepeserpun”, tambahnya.

Baca Juga :  Video Detik Detik Massa Jemput Paksa Pasien Positif Corona Di RSUD Kota Mataram

Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari seluruh warga, selain membuat lingkungan menjadi terlihat bersih dan juga warga dapat mengisi kegiatan yang positif selama pendemi saat ini.

“saya sebagai warga sangat mendukung kegiatan anak-anak yang mau membangkitkan lingkungan ini, haya motivasi bisa saya berikan selain kegiatan ini untuk mengisi waktu juga lingkungan terlihat bersih dan nyaman”, ungkap H. Basirun salah satu warga tetua di Lingkungan Banjar.

Tak Lupa Tim Pejuang Berbagi berkesempatan hadir, turut serta mendonasikan beberapa Cat dan lampu LED sebagai bentuk kebersamaan menciptakan suasana kampung atau lingkungan yang bersih, asri dan nyaman sehingga anak anak dilingkungan betah dengan suasana mural dan lampu LED sebagai penerangan jalan untuk menambah keindahan lingkungan serta kenyamanan warga.

Harapan kedepannya ada banyak lingkungan lainnya bisa melakukan kegiatan positif seperti ini, tidak hanya seni lukis mural karena kita tidak tau kapan selesainya masa pendemi COVID-19 ini. (red)

News Feed