by

UNRAM Farming : “Ketika Rekreasi Dipadu Dengan Edukasi Maka Bertani Akan Menyenangkan”

Lombok Barat, BERBAGI News – Ide kretif datang satu tahun yang lalu dari seorang Ibu yang memiliki basic pendidikan di bidang hukum tidak ada latar belakang ahli pertanian, Ayu Werdiyani. merupakan pendiri UNRAM Farming yang beralamat di Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, NTB.

“tempat edukasi pertanian UNRAM Farming berbasis rekreasi, ide ini muncul satu tahun yang lalu saat saya bertemu dengan wakil rektor 2 Universitas Mataram berkunjung ke lokasi ini, kami mengajak masyarakat yang mau belajar bersama sama bertani kita siapkan tempatnya,” ucap ibu ayu yang merupakan pendiri sekaligus pengelola UNRAM Farming. Sabtu (08/08)

Dengan lahan 4,5 hektare sebagai tempat edukasi sekaligus tempat bersantai bagi masyarakat perkotaan yang ingin menikmati suasana pedesaan dengan hamparan sawah yang luas sejauh mata memandang, disajikan pula berbagai jenis tanaman pertanian menggunakan media tanam tanah dan hidroponik.

Rektor Universitas Mataram (UNRAM), Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., saat menggunting pita secara resmi membuka UNRAM Farming. Sabtu (08/08/2020).

Tidak hanya tanaman yang bisa dinikmati di lokasi ini ada juga area bermain, tempat pemancingan, serta tempat bersantai dengan nuansa asri menggunakan berugak untuk pengunjung sembari menikmati paparan sawah dan hijaunya tanaman sayuran.

Sangat cocok lokasi ini sebagai pilihan rekreasi kelurga sambil bermain dan belajar tentang pertanian, jenis tanaman sebagai unggulan yang sudah berhasil dikembangkan antara lain beras hitam dan beras merah. Berdasarkan penelitian beras ini sangat rendah karbohidrat cocok untuk konsumsi penyandang Diabetes.

“padi merah dan padi hitam merupakan unggulan produk UNRAM Farming yang berhasil dikembangkan, saat ini kita coba menanam bawang putih Sembalun kita aplikasikan di area ini dengan ketinggian 140 mdpl, sudah mulai tumbuh nanti kita lihat hasilnya,” ungkap Ibu Ayu.

Dengan adanya tempat rekreasi ini harapannya bisa saling bekerjasama untuk pemberdayaan masyarakat. (edy)

Baca Juga :  Universitas Terbuka Negeri Mataram Berikan Beasiswa Bidikmisi

News Feed