by

Kemerdekaan Meraih Perubahan

-Agama, Ngaji-188 views

BERBAGI News – Tanpa terasa kita sudah kembali memperingati hari yang amat bersejarah dalam kehidupan bangsa kita yaitu Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang saat ini telah genap berusia 75 tahun.

Kemerdekaan yang merupakan kebebasan seluruh bangsa dan negara Indonesia dari kedzaliman, penindasan dan penekanan lahir dan bathin yang cukup lama ditanggung dan dirasakan, tidak kurang dari tiga setengah abad lamanya.

Perubahan dalam suasana baru, angin baru dan lembaran kehidupan baru terbentang dihadapan kita semua dapat diraih melalui jerih payah dan pengorbanan yang amat besar; banjir darah, tetesan air mata, jiwa, harta dan tenaga tercurah untuk demi terwujudnya cita-cita seluruh bangsa Indonesia yaitu suatu negara yang merdeka, berdaulat yaitu Negara Republik Indonesia.

Kesemuanya itu merupakan proses ikhtiar dan kemerdekaan yang kita peroleh adalah semata-mata janji Allah SWT, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya.

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka.”
(QS. Ar-Ra’d ; 11).

Oleh sebab itu adalah tugas kita bangsa Indonesia untuk mempergunakan dan mengarahkan kemerdekaan ini kepada jalan yang baik dan cita-cita luhur, yaitu menuju masyarakat adil makmur penuh ampunan Allah SWT.

Dengan demikian, kita harus bisa menjadi agen-agen perubahan untuk mengejar keterbelakangan, ketinggalan yang cukup jauh, inilah bangsa Indonesia sangat dituntut bekerja keras, bekerja ikhlas, bekerja tuntas, tekun dan rajin penuh semangat dan gairah membangun semua sarana kebutuhan hidup dan kehidupan bangsa dan negara Republik yang kita cintai ini.

Dengan harapan kita dapat memaknai kemerdekaan ini adalah dengan merdeka dari fitnah, perpecahan, permusuhan, sifat egoisme, kedzaliman, kecurangan, ketidak adilan dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Lombok Yang Keras Atau Hatimu Yang Keras

Jika sudah demikian keadaan seluruh masyarakat dan bangsa, maka pintu keberkahan dan rahmat dibuka selebar-lebarnya oleh Allah baik dari arah langit maupun bumi, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya.

“Andainya penduduk suatu negeri itu beriman dan bertaqwa niscaya Kami akan membukakan pintu barokah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) maka Kami akan memberikan siksa lantaran perbutan mereka.”
(QS. Al-A’raf ; 96).

Semoga peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke 75 tahun ini akan memberikan manfaat dan perubahan yang besar bagi bangsa dan tanah air.

Wallahu a’lam bish sahwab.
Semoga bermanfaat. Afwan.

News Feed