by

Hijrah dan Perubahan

BERBAGI News – TAHUN BARU HIJRIYAH adalah sistem penanggalan Islam yang didasarkan pada peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Peristiwa tersebut menjadi starting point peradaban Islam menuju puncak kejayaan dan keunggulan.

Dari peristiwa hijrah itu, spirit iman menjadi nyata dalam kata dan perbuatan, sehingga tidak heran jika setelah hijrah banyak sekali para sahabat yang memiliki kepribadian unggul nan mengagumkan.

Demikian pula perubahan mindset benar-benar terjadi secara totalitas pada diri seluruh umat Islam kala itu.

Dengan demikian makna hijrah dapat dipahami sebagai suatu gerakan perpindahan secara totalitas, mulai dari fikriyah hingga amaliyah, dari jahiliyah menuju Islamiyah dalam satu gerakan yang rapi, sistemik, dan keseluruhan, baik dalam konteks pribadi maupun sosial.

Terkait pula bahwa peristiwa hijrah Rasulullah SAW adalah merupakan Era Baru dalam sejarah Islam yang sangat menentukan bagi perjuangan, penyebaran dakwah Islam di masa selanjutnya dan kekinian. Yaitu perpindahan Rasulullah SAW. dari kota Makkah ke kota Yastrib (Madinah).

Hal itu melambangkan pindahnya dari sebuah kota yang penuh dengan kedzaliman, kekerasan, dan kemaksiatan menuju ke sebuah kota yang menjanjikan kedamaian dan kebenaran, memisahkan antara yang haq dengan yang bathil.

Dalam kondisi sekarang ini kita sangat prihatin dimana kita dihadapkan dengan kehidupan materialis yang sedang berkembang saat ini membawa kepada sikap individualis yang cenderung mementingkan diri sendiri, karena adanya tuntutan-tuntutan materi itu, maka tidak jarang mereka melakukan apa saja asalkan tercapai keinginannya walau tanpa pertimbangan moral dan agama.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita dalam memasuki tahun hijriyah ini dengan penuh kesungguhan untuk benar- benar mengagendakan dan mewujudkan suatu perubahan.

Baca Juga :  Indahnya Hidup Dalam Bertawakal

Perubahan seperti apa? Jelas adalah perubahan kerja nyata yang terkandung dari makna hijrah yang lebih luas.

Akhirnya Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah. Semoga Allah SWT Senantiasa Memberkahi dan Meridhoi Kita Semua.Aamiin.

Wallahu A’lam Bish Shawab.

News Feed