by

Al-Qur’an Mengajak Kita Untuk Berbahagia

-Agama, Ngaji-145 views

BERBAGI News – Al-Qur’an mengajak kita untuk ber-husnuszh-zhan (berprasangka baik atau berpikir positif) terhadap Allah SWT.

Al-Qur’an mengajak untuk bertawakal kepada-Nya, selalu optimis, selalu yakin akan janji-Nya, menantikan pertolongan dari-Nya dan meyakini bahwa dalam kesulitan pasti akan datang kemudahan.

Al-Qur’an memperingatkan kepada kita untuk tidak bersedih hati dan menyesali apa yang telah terjadi.

Oleh karena itu memang sudah tertulis serta jangan takut dan khawatir terhadap sesuatu yang akan datang, sebab hal itu merupakan sesuatu yang ghaib.

Al-Qur’an melarang sikap putus asa, melarang berprasangka negatif dan juga melarang sikap ragu.

Al-Qur’an memerintahkan kepada kita untuk menjahui hal-hal yang merusak jiwa dan menyingkirkan berbagai penyakit hati, seperti iri, dengki, dendam, permusuhan dan pedebatan yang tidak membawa kebaikan.

Al-Qur’an memerintahkan untuk menjahui sikap gemar mencari-cari keburukan dan kekurangan orang lain serta memerintahkan untuk menjahui sikap senang melihat orang susah dan susah melihat orang lain senang.

Al-Qur’an memerintahkan kepada kita untuk gemar memaafkan, toleransi, bersabar dan berbaik hati kepada sesama, memerintahkan untuk menyimpan amarah, mengendalikan emosi dan berakhlakul karimah.

Al-Qur’an adalah kitab suci termulia yang mengajak kita untuk selalu memiliki hati yang senang dan berbahagia.

Al-Qur’an membawa khabar gembira kepada kita semua berupa perintah untuk selalu tenang, sabar, tabah, bahagia, dan selalu
optimis.

Ahli hikmah mengatakan :
“Setelah malam pasti akan datang fajar, di balik bukit pasti terdapat sebuah taman, setelah Gurun Sahara pasti terdapat sebuah sungai, di balik batu besar dan keras pasti terdapat sumber mata air yang dingin, dibalik terik matahari terdapat teduhan, dan setelah lelah pasti kita menemukan istirahat dan tidur yang pulas dan menyegarkan.”

Baca Juga :  Bahayanya Penyakit Hasad

Semoga kita dapat menghadirkan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari yang membawa ketenangan jiwa dan mengantarkan kita kepada kebahagian yang hakiki.

Wallahu a’lam bish shawab.

News Feed