by

Kekuasaan Yang Tidak Bisa Dicopot

-Agama, Ngaji-155 views

BERBAGI News – ILMU adalah karunia Allah SWT, orang yang berilmu tidak akan pernah tergeser atau dicopot dari jabatan keilmuannya.

Karena ilmu telah tertanam dan tersimpan di dalam dada dan ketaqwaan adalah buah mahkota yang diletakkan di atas kepalanya.

Jabatan apa yang pernah dimiliki oleh para ulama, seperti Sa’id ibnul Musayyab, al-Hasan al Bashri, Abu Hanifah, Malik, Syafi’i, Imam Ahmad, Ibnu Qudamah, Ibnu Taimiyah dan yang lainnya.

Mereka para Ulama umat ini “kekal” bukan karena jabatan, akan tetapi karena ilmu yang mereka miliki.

Mereka para Ulama umat ini, tidak pernah memiliki jabatan, bahkan mereka dipaksa untuk mau menerima sebuah jabatan, akan tetapi mereka tetap menolaknya, bahkan mereka sampai diancam dan dihukum.

Mereka para Ulama umat ini, tidak menginginkan jabatan, sehingga Allah SWT, memberikan kemuliaan kepada mereka, berupa nama yang harum dan abadi, pujian yang ditulis dan selalu mengalir, ilmu mereka diabadikan dan umat ini tercerahkan dan mendapatkan manfaat dari ilmu yang mereka miliki.

Hal ini tidak lain karena dia mengerti betul akan nilai ilmu yang dimilikinya, harga pengetahuan yang ada di dalam dirinya.

Mari kita berdoa kepada Allah SWT, atas nama agung-Nya, semoga ilmu yang kita miliki bermanfaat, baik bagi diri kita maupun orang lain dan menjadikan ilmu kita sebagai sebab kita mendapatkan ridha dan rahmat-Nya. Aamiin.

Wallahu a’lam bish shawab.

Baca Juga :  Tawaddhu', Tanpa Takabbur

News Feed