by

Mulailah Dari Hal Yang Kecil

-Agama, Ngaji-160 views

BERBAGI News – KUMPULAN prestasi dan kesuksesan adalah biasa bermula dari prestasi yang kecil.

Karya dan amal yang besar atau prestasi yang besar selalu ditopang dan ditunjang oleh kesuksesan ketika telah melakukan karya atau amal yang kecil dan sederhana.

Islam sebagai sebuah sistem hidup yang sempurna dan komprehensif tidak melalaikan peristiwa yang kecil berlalu begitu saja tanpa makna, tanpa jiwa, dan tanpa bimbingan.

Agar manusia termotivasi, bersemangat, dan bersungguh-sungguh; Allah berjanji akan melipatgandakan dan memberi pahala yang besar bagi amal ibadah, walaupun sebesar zarrah yang dilakukan manusia.

Banyak hal-hal kecil yang terdapat dalam konsep Islam, seperti makan, minum, tidur, masuk-keluar rumah bahkan sampai hal yang sifatnya sangat pribadi pun diatur oleh Islam.

Benarlah apa yang diucapkan oleh Abdullah Ibnu Mubarak, “Banyak amal kecil yang menjadi besar karena niatnya dan banyak amal besar yang menjadi kecil karena niatnya pula.

Marilah kita mulai dengan memperbaiki amal-amal yang kecil agar mampu kita meraih amanah yang lebih besar.

Oleh karena itulah kita tidak dibenarkan menganggap kecil dalam suatu ibadah,walaupun itu sekedar menghindarkan duri dari tengah jalan atau bersedekah walaupun sebutir kurma.

Demikian pula, kita tidak boleh meremehkan suatu amal,walau sekecil apapun dia, siapa tahu itulah sebagai jalan mulus untuk memasukan kita kedalam surga atau yang akan menyelamatkan kita di
akhirat nanti.

Dengan demikian, maka sekecil apapun amal dan karya yang kita perbuat yang akan mendatangkan kebaikan, semuanya itu sangat besar nilainya disisi Allah Ta’ala.

Seperti yang difirmankan AllahTa’ala dalam Al-Qur’an pada surat Az-Zalzalah ayat 7-8:

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar zarrah pun,niscaya dia akan melihat (balasan) nya.

Baca Juga :  Menyikap Ikhlasnya Pengorbanan Nabi Ibrahim AS

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrah pun,niscaya
dia akan melihat (balasan)nya(pula).”

Wallahu a’lam bish shawab.
Semoga bermanfaat.

News Feed