Hallo Polisi; Cara Polres Lombok Barat Edukasi Masyarakat

Berita, Daerah1631 Views

Lombok Barat, BERBAGI News – Polres Lombok Barat bekerjasama dengan Radio Suara Giri Menang untuk memberikan edukasi melalui diskusi dan interaktif dengan memanfaatkan saluran Radio dan media sosial. Hari ini merupakan perdana digelarnya acara tersebut. Kasat Lantas Lombok Barat Iptu Rita Yuliana,S.IK,.M.M. mengawali program Hallo Polisi dengan tema “tertib berlalu lintas di era pandemi’’ dengan durasi 30 menit yang dipandu oleh host Radio SGM, Ade pada Rabu (9/09/2020).

Dalam pemaparannya sebagai narasumber, kasat lantas menyampaikan hal terkait tertib berlalu lintas harus dipatuhi setiap saat sesuai dengan undang undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

“dalam berkendara tentunya harus sesuai dengan aturan, tetap memperhatikan kelengkapan kendaraan, rambu rambu lalu lintas untuk menjaga keselamatan, dan prinsipnya bukan hanya karena aturan kita tertib, tapi tertiblah terhadap diri sendiri,” pungkasnya.

Selanjutnya, Rita menjelaskan, dimasa pandemi ini masyarakat harus tetap mengikuti anjuran pemerintah sesuai dengan perda no.7 tahun 2020 tentang penangulangan Penyakit Menular covid 19. Menurutnya butuh perjuangan Bersama untuk melawan virus ini.

‘’kita bener bener harus fith menghadapi kondisi ini, tetap menggunakan protokol kesehatan saat sebelum dan sesudah berkendara,‘’ jelasnya.

Sementara itu, saat ditanya terkait pelanggaran, rita menjelaskan hingga saat ini kasus yang masih mendominasi ialah tidak menggunakan helm saat berkendara.

‘’kalau mengenai pelanggaran bervariasi sih, mulai dari kelengkapan SIM, penggunaan seatbelt, STNK dan yang paling banyak pelanggaran tidak menggunakan helm, nah kalau terkait masa pandemi ini kita hanya mengingatkan pengendara untuk selalu menggunakan masker,” kata kasat lantas yang baru menjabat beberapa hari tersebut.

Sebelumnya Kapolres Lombok Barat saat mengisi kegiatan yang berbeda di radio SGM menyampaikan, edukasi melalui radio dan media sosial sangat baik untuk dilakukan, menyasar segmen masyarakat melalui media.
‘’saya rasa program ini sangat baik ya, selain menyampaikan tupoksinya polisi juga meyampaikan edukasi dan skaligus masyarakat bisa bertanya langsung terkait persoalan yang ada,” ungkapnya.

Program hallo polisi ini akan berlangsung setiap pekan, yakni setiap hari rabu, pukul 09.00 – 10.00 wita dengan narasumber dari berbgai satuan yang ada di polres Lombok Barat dan masyarakat bisa bertanya langsung melalui line telpon serta menyimak acara ini dari streaming dan radio dengan frekuensi 99,40 FM. (abd)

Baca Juga :  Panitia: Terima Kasih dan Sampai Jumpa di Peresean Perang Bintang Mayura Jilid II