by

Menghormati Ulama

-Agama, Ngaji-109 views

BERBAGI News – KEWAJIBANetiap umat Islam untuk menghormati seorang ulama, ulama berbeda dengan orang biasa.Allah SWT berfirman:

 

“Katakanlah, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui ? ‘Sesungguhnya hanya orang berakal yang dapat menerima pelajaran.”

(QS. Az-Zumar :9)

 

Dalam surat yang lain Allah SWT berfirman ;

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hambanya, hanyalah ulama.”

(QS. Fathir : 28 )

 

Dalam konteks ayat diatas, sosok ulama tidak hanya sekedar berpengetahuan luas, tetapi juga memiliki Ahklaq yang mulia dan sebagai teladan di tengah-tengah umatnya.

 

Bahkan lebih dari itu, sosok ulama yang sesungguhnya adalah harus memiliki ketaqwaan yang lebih tinggi dan rasa takutnya kepada Allah SWT.

 

Ulama begitu mulia dan terpandang dalam ajaran Islam dikarenakan mereka ahli waris para nabi

(warasatul anbiya’).

 

Merekalah yang menjadi pelanjut dan penerus para nabi dalam menyebarkan dan menda’wakan risalah kebenaran di muka bumi ini dari zaman ke zaman hingga akhir zaman.

 

Kerja sama antara ulama dan umara (pemimpin) dalam suatu negara sangat dibutuhkan, keduanya merupakan unsur terpenting dalam kemajuan bangsa.

 

Jika kerja sama antara ulama dan umara sangat baik, negara akan menjadi kuat dan terarah.

 

Seperti Kejahatan korupsi, kolusi, dan nepotisme, kekerasan, krisis akhlak serta kejahatan lainnya yang akan merusak dan menghancurkan tatanan suatu bangsa.

 

Insya Allah, tidak akan terjadi, karena peran ulama telah difungsikan sebagaimana mestinya, sehingga apa yang diharapkan oleh umat dapat terwujudn rakyatnya menjadi makmur, aman, damai dan sejahtera.

 

Bagaimana dengan Indonesia, apakah para pemimpin kita telah memungsikan ulama sebagai penerus para nabi atau hanya slogan yang tanpa arti dan fungsi.

Baca Juga :  Sabar dan Hikmahnya

 

Jika hal ini terjadi di negeri ini, kita mengkhawatirkan bahwa lambat laun bangsa kita akan tertinggal jauh dengan bangsa lain.

 

Karena itu kerja sama yang baik antara ulama dan umara sangat dinantikan oleh rakyat Indonesia. Agar bangsa ini menjadi yang baldatun tahyyibatun warabbun ghafuur.

 

Menghormati ulama berarti menghargai kebenaran yang disampaikannya. Jasa mereka begitu besar terutama dalam membangun karakter bangsa dan mencetak generasi shaleh.

 

Wallahu a’lam bish shawab

News Feed