by

Urgensi Pengembangan dan Pembinaan Akhlaq

-Agama-44 views

BERBAGI News – DI BALIK kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, di era serba canggih, di dunia modern ini, sesungguhnya banyak menyimpan suatu potensi yang dapat menghancurkan martabat manusia.

Untuk menyelamatkan umat dan generasi masa depan bangsa, sangat perlu pengembangan dan diwujudkan secara konkret melalui jalur pembangunan akhlak yang mulia.

Menurut Prof.Dr.H.Abuddin Nata, MA. dalam bukunya Akhlaq Tasawuf,” Sekarang
ini diseluruh dunia timbul kesadaran betapa pentingnya memerhatikan Ahklaq dalam pengembangan sains, karena di beberapa negara maju telah didirikan lembaga-lembaga yang namanya “pengawal moral” untuk sains.

Ternyata, sains tidak bisa dibiarkan lepas dari akhlaq,
kalau kita tidak ingin senjata makan tuan.

Sekarang dunia nampaknya sepakat bahwa sains harus dilandasi etika, tetapi karena etika pun akarnya bersumberkan dari
pemikiran filsafat; yaitu pemikiran yang mengandung keunggulan dan kelemahan, maka masalah etika pun masih mengandung masalah.

Maka untuk itu solusinya adalah yang diperlukan hanya ahklaq yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Problema yang dihadapi masyarakat modern saat ini adalah adanya sejumlah manusia yang kehilangan masa depannya, merasa kesepian dan kehampaan jiwa di tengah-tengah derunya laju kehidupan.

Untuk ini maka ajaran akhlaq yang berkenaan dengan ibadah, zikir, taubat, dan berdoa menjadi
penting adanya, sehingga ia tetap mempunyai harapan, yaitu bahagia hidup di akhirat nanti.

Demikian pula munculnya sejumlah anak muda yang terjerumus kedalam perbuatan tercela, seperti penyalah gunaan obat-obat terlarang, praktik hidup bebas tanpa batas, tanpa memperdulikan ajaran agama.

Maka diainilah peranan akhlaq dengan sistem yang ampuh dan kuat untuk menghubungkan manusia dengan Tuhannya.

Konsep ini adalah merupakan salah satu alternatif penyembuhan, pusat-pusat rehabilitasi korban narkotik dan pergaulan bebas, ternyata juga dapat dilakukan melalui jalur pengembangan dan pembinaan ahklaq.

Baca Juga :  Hidup Adalah Surga

Untuk itu dalam mengatasi problematika kehidupan masyarakat modern saat ini, adalah akhlaq harus dijadikan prioritas dan alternatif terpenting.

Ajaran akhlaq perlu disuntikan ke dalam seluruh konsep kehidupan, yang terkait dengan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, politik, kebudayaan dan lain sebagainya perlu dilandasi ajaran akhlaq. Inilah harapan dan doa’ kita semua. Aamiin.

Wallahu a’lam bish shawab.

News Feed