by

Kopi Lombok Barat Mulai diEkspor Ke Luar Negeri

Lombok Barat, BERBAGI News – Di tengah  Pandemi corona, kopi produksi asli kabupaten Lombok Barat, kopi produksi UD. Berkah Alam diekspor ke  negara di Benua Amerika bagian utara, Kanada.

Pengiriman pertama yang membanggakan ini dilepas Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid di lobby Kantor Bupati Lombok Barat,  Gerung, Jumat, (23/10).

“Untuk percobaan awal di tahun 2020 ini akan mengirim ke Kanada sebanyak 18 ton, dan perbulannya akan mengirim 1,5 ton,” sebut Lalu Thorik, owner dari UD. Berkah Alam.

Kata Thorik, pengiriman adalah dalam bentuk kopi yang sudah jadi. Jika produksinya bagus, lanjutnya, maka pengirimannya akan ditambah.

Bupati Fauzan Khalid  merasa bangga atas pengiriman kopi Lobar ke Kanada oleh UD. Berkah Alam. Kata Fauzan, satu-satunya sektor yang masih bertahan positif di Lobar di tengah pandemi Covid-19 adalah pertanian dan perkebunan yaitu mencapai pertumbuhan 2,26 persen. Sayangnya, sektor ini, kata bupati, belum bisa mendongkrak secara maksimal angka pertumbuhan secara makro, karena baru mampu menyumbang 11 persen secara keseluruhan.

“Kalau kontribusi  pertanian dan perkebunan 30 persen terhadap pertumbuhan mungkin kita di Lombok Barat tidak minus,” kata bupati.

Oleh karena itu, lanjutnya, pertanian dan perkebunan di Lobar diharapkannya terus digenjot karena dari sisi potensi luar biasa.

“Saya kira mungkin kita berdosa jika potensi-potensi  itu tidak kita gali dan manfaatkan. Kita oleh Allah SWT ini diamanatkan untuk memakmurkan,” katanya. (red).

Baca Juga :  Lestarikan Budaya, Pemdes Nyurlembang Gelar Festival Berapek Dulang Ganggas

News Feed