by

Sosialisasi Portal Desa Digital (PDD) Rambah Desa Sintung Memasuki Era 4.0

Lombok Tengah, BERBAGI News – Desa Sintung merupakan salah satu desa yang sudah mengikuti perkembangan modernisasi, dengan adanya layanan jaringan internet gratis untuk masyarakat. Layanan internet gratis ini sudah memasuki pelosok diberbagai dusun yang merupakan wilayah dari Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan tersedianya koneksi internet yang bisa diakses dari berbagai penjuru pelosok desa maupun dusun, Kepala Desa Sintung, Herman mengadakan sosialisasi penerapan aplikasi Portal Desa Digital (PDD) untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat, menertibkan data kependudukan dan transparansi penggunaan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). Minggu (22/11).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Sintung dengan melibatkan 11 Kepala Dusun dan seluruh staf kantor desa. Antusias dari para peserta terlihat dengan banyaknya para Kepala Dusun melontarkan berbagai pertanyaan kepada narasumber dari Tim Pengembang Portal Desa Digital.

Dengan Portal Desa Digital diharapkan pemerintah desa dapat memberikan pelayanan publik yang cepat, efektif dan efisien. Dengan didukung sistem dan data administrasi kependudukan yang telah terstruktur dengan baik, pemerintah desa dan warga dapat memonitoring tingkat kualitas pelayanan publik tersebut.

Display informasi Desa Sintung

Salah satu Tim Pengembang PDD saat dikonfirmasi wartawan Berbagi News tentang tujuan penggunaan aplikasi PDD ini mengatakan “tujuannya adalah efisiensi percepatan pelayanan publik, transparansi penggunaan APBDes dan sebagai media informasi publik,” ucap Happy Agung.

Dengan diterapkannya Aplikasi PDD di lingkup desa ataupun kelurahan, data yang dikelola dapat menjadi dasar dan landasan penentu kebijakan dalam pembangunan desa/kelurahan, juga sebagai landasan pembangunan desa yang dikelola oleh pemerintah desa.

“diharapkan data yang terinput benar dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai perundang-undangan, serta acuan untuk pendataan data desa ke jenjang penyajian data kepada instansi terkait lainnya,”  tandasnya. (yadi).

Baca Juga :  Inspiratif.. Empat Sosok Kepala Desa di Loteng adalah Mantan TKI

News Feed