Peran Mahasiswa di Masa New Normal

Opini, Pendidikan1414 Views

Secara sosiologis  perubahan di sektor sosial, ekonomi, politik, keamanan masyarakat akibat wabah Pandemi Covid-19 ini dikategorikan sebagai perubahan yang tidak direncanakan (unplanned-change). Artinya bahwa perubahan yang terjadi diluar rencana maupun dugaan manusia dan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat.

Semua elemen masyarakat baik pemerintah, swasta dan mahasiswa bersatu melawan Covid-19. Di masa new normal ini misalnya, para mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset Mahasiswa (UKM Prima) Universitas Mataram hadir ditengah-tengah masyarakat dengan semangat mengimpelementasikan salah satu “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yakni pengabdian kepada masyarakat. Dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dijelaskan bahwa Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kegiatan pengabdian yang berlangsung di Desa Lendang Are, Kecamatan Kopang  Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat berlangsung selama lebih kurang satu bulan lamanya. Dengan mengangkat tema “Sinergitas Mahasiswa dengan Masyarakat Mewujudkan Desa Berdaya di Era New Normal”. Pengabdian yang berfokus pada pengembangan pariwisata dan ekonomi UMKM,  mendapatkan apresiasi dari masyarakat Desa Lendang Are. Ini dibuktikan dengan keterlibatan masyarakat setempat selama pengabdian berlangsung. Selain memfokuskan pada dua bidang itu, UKM Prima Unram juga melakukan sosialiasasi protokol kesehatan Covid-19  kepada masyarakat setempat.

Berdasarkan perspektif fenomenologi Alfred Schutz tentang motif. Schutz membedakan dua tipe motif yakni pertama, because motive (motif sebab) yang melatarbelakangi manusia melakukan suatu tindakan. Kedua, in order to motive (motif tujuan) yaitu tujuan yang ingin dicapai manusia terkait dengan tindakan yang mereka lakukan.

Baca Juga :  MAN PK MAN 2 Mataram Terima Peserta Didik Baru Tahun 2021

Because motive mahasiswa melakukan pengabdian di Desa Lendang Are adalah membangkitkan potensi wisata dan pengembangan UMKM desa setempat. Sedangkan  in order to motive (motif tujuan) adalah berkembangnya potensi wisata dan berkembangnya ekonomi UMKM Desa Lendang Are.

Dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat  dapat memperluas relasi sosial, mengamalkan dan mengimplementasi ilmu yang didapatkan dalam kelas, menambah kepekaan sosial dengan melihat keadaan masyarakat yang sebenarnya. Pengabdian yang dilakukan saat ini  kedepannya perlu terus dilakukan, guna tetap menjaga hubungan mahasiswa dengan masyarakat dan stekholder Desa Lendang Are. (Abdul Ali Mutammima Amar Alhaq)