by

Tidak Banyak Yang Tau… Berikut Manfaat Air Hujan Untuk Kesehatan

BERBAGI News – Musim hujan telah tiba meskipun belum merata, sebagian wilayah Indonesia mulai diguyur hujan. Hujan memang bukan favorit semua orang, bahkan Sebagian orang menganggap hujan dapat menghambat aktivitas sehari-hari, menimbulkan berbagai penyakit, hingga menyebabkan demam, masuk angin, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, banyak orang yang mengira bahwa hujan adalah air kotor, namun ternyata tetesan air yang turun dari langit dalam jumlah yang banyak ini adalah air murni yang bahkan bisa lebih bersih dibandingkan dengan air dalam tanah.

Air hujan yang aman bagi tubuh adalah air hujan yang turun dari lingkungan yang bersih, seperti yang dilansir dari livinginwellbeing.org, air hujan adalah air terbaik dan paling murni yang bisa didapatkan. Selasa (15/12)

Meminum air hujan ternyata memiliki manfaat, namun tentu saja Anda perlu memahami bahwa tidak semua air hujan memiliki manfaat yang luar biasa.

Hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan salah satunya adalah air hujan yang turun di lingkungan yang bersih, sehingga massa pengotor di dalam air hujan pun sedikit. Sebaliknya, jika hujan turun di daerah yang lingkungannya tidak bersih, akan terdapat massa pengotor di dalamnya. Pengecekan pH air hujan bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi kebersihan lingkungan sekitar Anda.

Studi menunjukkan bahwa air hujan dapat diminum jika dikumpulkan dengan peralatan bersih yang benar, disaring dengan cara yang benar, dan air hujan tersebut jatuh langsung dari langit tanpa melewati perantara.

Air hujan yang bersih memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu:

  1. Mengobati masalah pencernaan

Tahukah Anda, pada pagi hari sebelum mengonsumsi apapun, Anda bisa coba meminum dua atau tiga sendok makan air hujan. Cara ini akan membantu menetralkan asam lambung dan membantu menenangkan dinding lambung.

Baca Juga :  Setelah UU SSW
  1. Mengandung pH alkaline

Air hujan sangat murni dan memiliki pH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis atau RO. Air hujan yang mengandung pH alkali baik untuk kesehatan, karena meningkatkan detoksifikasi serta membuat sistem pencernaan sehat. Sama halnya dengan air alkali, air hujan membuat pH darah tubuh Anda dinetralkan dan membantu tubuh kita bekerja lebih efektif.  

  1. Tidak mengandung flourida dan klorin

Jika Anda terbiasa menggunakan air ledeng, dalam kandungan air ledeng terdapat klorin dan flourida yang berasal dari tanah. Kedua zat ini berbahaya dan menganggu tubuh seperti sakit kepala, gastritis, dan lama kelamaan dapat merusak organ. Jika Anda menggunakan air hujan murni dan bersih, sudah tentu tidak mengandung flourida dan klorin.

  1. Menyehatkan kulit

Uniknya, air hujan juga dapat membantu membuat kulit terlihat awet muda dan cantik. Ternyata pH basa dalam air hujan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu elastisitas kulit.

Air hujan dipercaya mempunyai kandungan yang baik untuk menyuburkan tanaman. Selain itu, menggunakan air hujan untuk menyiram tanaman dapat menghemat air tanah.

  1. Menyehatkan rambut

Tidak hanya membuat kulit Anda sehat, mencuci rambut dengan air hujan dinilai baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Saat mencuci rambut dengan air hujan, pH basa membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat.

  1. Anti kanker

pH basa di dalam air hujan dapat membantu menyingkirkan sel kanker. Air hujan dinilai sebagai penetral yang baik untuk darah serta sel-sel tubuh. Inilah alasan mengapa air hujan disebut sebagai antioksidan. Penderita kanker dianjurkan untuk meminum air hujan murni pada musim hujan pertama, dalam jumlah yang banyak karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika air hujan tidak tersedia di daerah Anda, Anda juga dapat menggunakan mata air.

Baca Juga :  Membuka Mata Terhadap Dampak Omnibuslaw Demi Kelangsungan Negara
  1. Menghilangkan stres

Pernahkah Anda bermain hujan-hujanan pada waktu kecil? Rasanya memang menyenangkan. Air hujan yang digunakan untuk mandi memang membuat pikiran lebih tenang, ini cocok bagi Anda yang penat dengan pekerjaan yang melelahkan.(red)

News Feed