by

Perdana Di NTB, ATM Surat PDD Resmi Beroperasi di Desa Kuripan

Lombok Barat, BERBAGI News – Menjadi kado teristimewa bagi warga desa Kuripan pada saat hari jadinya atau perayaan ulang tahunnya yang ke 116, portal Anjungan Mandiri atau ATM Surat dilounching penggunaanya dan peletakan batu pertama pembangunan kantor desa.

Peresmian dilakukan oleh Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si yang ditandai dengan pemotongan pita dan ujicoba mesin ATM yang di dampingi oleh pihak pengembang aplikasi ATM Surat dari Portal Desa Digital (PDD), serta dihadiri oleh para pejabat lingkup kabupaten Lombok Barat, sesepuh warga desa dan tamu undangan lainnya yang bertempat di depan kantor desa Kuripan kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat. Minggu (27/12).

Happy Agung dari PDD saat ujicoba mesin Portal Anjungan Mandiri mengatakan bahwa  warga desa Kuripan sudah dapat mengakses layanan surat menyurat baik melalui mesin ATM Surat yang tersedia dikantor desa maupun melalui website resmi desa di laman https://www.kuripan.desa.id

“Saat ini hanya warga desa yang sudah terdaftar nomor induk kependudukan (NIK)nya yang dapat melakukan cetak surat,” jelasnya kepada Bupati Lombok Barat saat mendampingi cara penggunaan mesin ATM Surat.

Hasbi, Kepala Desa Kuripan.

Kepala Desa Kuripan, Hasbi menegaskan digitalisasi sebagai upaya pemerintah Desa Kuripan memudahkan dalam pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, saat ini pandemi covid 19 menjadi masalah tersendiri dalam pelayanan publik.

“saat ini terdapat 30 lebih jenis surat yang ada di Mesin ATM Surat, hampir semua pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan lewat digital, mulai dari SKTM, Keterangan domisili hingga surat pengantar pembuatan KTP, Digitalisasi menjadi solusi pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menegaskan agar tidak tertinggal dari daerah lain dalam pembangunan, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang harus dilakukan. Karenanya, digitalisasi data desa oleh Desa Kuripan kecamatan Kuripan menjadi sesuatu yang patut di contoh oleh desa lainnya.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem, Hermansah: Tidak Ada Buka Tutup Pelabuhan, Hanya Penundaan

“Desa Kuripan menjadi pelopor desa digital, karena kalau sekarang ini tanpa digitalisasi kita akan ketinggalan jauh dengan daerah daerah lain bahkan tertinggal dengan negara lain,” jelasnya saat melaunching digitalisasi data desa.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid.

Sebagai bentuk atensi atas kepeloporannya, jelas bupati Pemkab Lombok Barat akan mensuport laju pembangunan di Desa Kuripan. “Kita suport pembangunan di Desa Kuripan,” tegasnya.

Selain itu, untuk memajukan pembangunan desa di Kabupaten Lombok Barat, jelas Bupati pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan MoU kerjasama dengam salah satu perusahaan telekomunikasi pada bulan Januari 2021. (shy)

News Feed