by

Tingkatkan Pelayanan Tahun 2021, PLN NTB Kembali Luncurkan Inovasi Berbasis IT 4.0

Mataram, BERBAGI News – Setelah di bulan Desember 2020 meluncurkan Lombok Command Center, di awal tahun 2021 ini PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram kembali meluncurkan satu program inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, khususnya dalam hal mempercepat penanganan pengaduan oleh masyarakat.

Inovasi yang disebut Outage Management System (OMS) ini merupakan pengembangan dari Lombok Command Center dan merupakan salah satu perwujudan program transformasi PLN yang diluncurkan pada bulan April 2020, yaitu Customer Focused.

“Kami mengimplementasi artificial intelligence dan juga teknologi dalam inovasi ini. Proses penanganan pengaduan akan menjadi lebih efisien”, ujar Anton Sugiarto, Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN Unit Induk Wilayah NTB.

Selain untuk percepatan di sisi pelayanan teknis, dengan adanya OMS ini, pelanggan akan memperoleh banyak sekali kemudahan dan juga informasi apabila melakukan pelaporan pengaduan melalui kanal yang telah disediakan, yaitu Contact Center PLN 123, twitter @pln_123, facebook PLN 123, instagram @pln123_official dan juga aplikasi New PLN Mobile.

Setiap laporan gangguan yang masuk akan diterima oleh Lombok Command Center, dan langsung diteruskan ke petugas di lokasi terdekat. Jadi penyelesaiannya akan menjadi lebih cepat karena sistemnya borderless. Berbeda dengan sebelumnya, laporan gangguan diterima di Unit Layanan Pelanggan, sesuai dengan wilayah kerja masing masing.

Dony Noor Gustiarsyah, Manager PLN UP3 Mataram juga menjelaskan bahwa OMS ini akan semakin mudah apabila pelanggan telah memiliki aplikasi New PLN Mobile.

“Pelanggan juga akan menerima notifikasi untuk setiap pelaporan gangguan. Lokasi petugas dapat diketahui dan diupdate langsung melalui aplikasi New PLN Mobile. Saat ini, aplikasi tersebut sudah bisa didownload di Appstore dan juga playstore”, jelas Dony.

Baca Juga :  Satpam Dinsos NTB Kaget, Mendapat Hadiah Umroh dari Gubernur

Dalam pengembangannya, OMS ini akan menjadi one stop service bagi masyarakat yang memiliki permasalahan masalah kelistrikan.

Misalnya notifikasi di New PLN Mobile apabila di daerahnya padam yang diakibatkan pemadaman terencana ataupun gangguan di jalur utama, pelayanan pengaduan di sisi instalasi pelanggan, dan masih banyak lagi.

“Tentunya seluruh upaya ini kami lakukan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dan memastikan bahwa pelayanan kepada seluruh pelanggan adalah prioritas bagi kami”, tutup Dony. (*)

News Feed