by

Dahsyatnya Sedekah di Hari Jum’at

-Agama, Ngaji, Religi-100 views

Oleh: H. Aswan Nasution

BAGI umat Islam, hari jum’at adalah merupakan hari istimewa dan juga waktu yang mulia.

Oleh karena itu, sangat baik diisi amal sholeh seperti mengeluarkan sedekah baik banyak ataupun sedikit, sebab pada hari jum’at banyak sekali keutamaan yang sangat dahsyat.

Ketahuilah, bahwa amal sholeh seperti sedekah yang dilakukan pada hari jum’at di waktu dan tempat yang mulia, akan bernilai pahala lebih besar dibanding dengan amal sholeh yang dikerjakan di waktu dan tempat yang tidak memiliki keistimewaan.

Jadi, gunakanlah kesempatan di hari jum’at untuk berbuat baik, beramal sholeh dan amalan-amalan lain yang bernilai di sisi Allah SWT dan sangat dahsyat pahalanya.

Dalam kitab Tuhfatul Habib Ala Syahril Khatib atau yang lebih dikenal “Al-Bujairini ‘Alal Khatib”(Fiqih Syafii) yaitu sebagai berikut ;

Artinya : “Di hari dan malam Jum’at, di Sunnahkan memperbanyak sedekah dan Shalawat kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.”(Al-Bujairini ‘Alal Khatib).

Bahkan Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah pun menjelaskan tentang keistimewaan di hari Jum’at bahwa:

“Sedekah yang dilakukan pada hari Jum’at itu lebih afdhol (baik) dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain.

Perbandingan sedekah di hari Jum’at dengan sedekah yang dilakukan di hari lain dalam sepekan, seperti perbandingan sedekah di bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya.” (Zadul Ma’ad)

Nah, itulah keistimewaan sedekah di hari Jum’at. Jadi jangan sampai terlewatkan untuk sedekah di hari yang mulia dan keberkahan tersebut.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an pada Surah Al-Israa’ ayat :7.
Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik kepada dirimu sendiri, dan jika kamu berbuat keburukan berarti keburukan itu bagi dirimu sendiri…” (Al-Israa’ :7)

Wallahu A’lam Bishshawab.

Baca Juga :  Naja, Juara Terpavorit STQ XXVII Tingkat Kota Mataram Tahun 2020

News Feed