by

Kepedulian Relawan Masbagik Sikapi Bencana Sulawesi

-Opini-324 views

Oleh : Reza Wira Pratama
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Mataram.

BERBAGI News – Awal tahun 2021 mengejutkan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Kasus covid-19 yang belum menunjukkan angka penurunan, bahkan menunjukan peningkatan signifikan kasus positif, kini ditambah lagi dengan bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia sontak membuat kesedihan yang berlarut-larut bagi masyarakat. Hal ini membuat beban pikiran masyarakat menjadi bertambah dan semakin meningkatkan kecemasan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bencana merupakan hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorology/alam antara lain banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Bencana alam yang terjadi di Indonesia, akhir-akhir ini antara lain Banjir Kalimantan Selatan, Tanah Longsor di Sumedang, Jawa Barat, Gempa Sulawesi Barat, Erupsi Gunung Semeru. Beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia tersebut menggerakkan hati dari masyarakat Masbagik sehingga terbentuknya sebuah “gabungan relawan Masbagik”, yang berada di kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Gabungan Relawan di dalamnya diikuti oleh organisasi-organisasi yang terdapat di Masbagik seperti GSPA, IKA-PALAMAS, SPA, PAS, SAL, MAPASMA, MATA MERAH dan juga SCC.

Gabungan relawan Masbagik melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu memenuhi kebutuhan saudara yang mengalami bencana gempa bumi 6,2 SR di Majne Sulawesi Barat. Aksi penggalangan dana tersebut dilakukan mulai Hari selasa, 19 januari-sabtu 23 januari 2021. Titik aksi penggalangan dana tersebar di beberapa tempat yang telah ditentukan, antara lain : Perempatan Masbagik, pertamina Masbagik, dan Pasar Baru Masbagik.

Berdasarkan aksi penggalangan dana yang dilakukan selama 5 hari tersebut berhasil mengumpulkan dengan rincian hasil penggalangan H 1 Rp. 7.105.000,- H 2 Rp. 6.440.000,- H 3 Rp.6.300.000,- H 4 Rp.6.300.000,- H 5 Rp.4.893.000,-  sehingga total dana yang terkumpul sebesar Rp. 31.038.000,-. Dana yang terkumpul tersebut dikirimkan ke korban terdampak bencana gempa bumi di Sulawesi Barat untuk memenuhi kebutuhan dan meringankan sedikit beban mereka.

Baca Juga :  Kebijakan, Cinta dan Do’a (Sambut New Normal Untuk NTB Yang Islami Pasca Covid-19)

Aksi penggalangan dana dari Gabungan Relawan Masbagik  merupakan sebuah wujud kepedulian antar sesama dengan cara memelihara hubungan dengan orang lain yang bermula dari perasaan prihatin dan ditunjukkan dengan perbuatan seperti memperhatikan orang lain, bebelas kasih, dan menolong yang direalisasikan dengan aksi penggalangan dana tersebut.

Melihat kontribusi dari masyarakat dalam memberikan sumbangsih berupa uang dalam aksi penggalangan dana menunjukkan respon positif dari masyarakat dari adanya aksi penggalangan dana oleh Gabungan Relawan Masbagik  dan  tujuan aksi penggalangan dana dapat dikatakan berhasil, hal ini terlihat dari beberapa indikator yang menunjukan kepedulian sosial sebagai bentuk implementasi dalam menyikapi bencana alam di Indonesia melalui Gabungan Relawan Masbagik antara lain :

Simpati
Simpati adalah suatu proses kejiwaan dimana seorang individu merasa belas kasih, kasian, ikut bersedih atas penderitaan yang menimpa orang lain.

Empati
Empati adalah kemampuan untuk bisa mengerti atau memahami apa yang orang lain rasakan secara emosional.

Saling tolong menolong
Saling tolong menolong merupakan perwujudan sikap untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan dengan tujuan mengurangi beban atau kesusahan yang dialaminya.

Bekerja sama
Bekerja sama merupakan suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan.

Terlibat dalam kegiatan sosial
Indikator kepedulian yang terakhir yaitu mau terlibat dalam kegiatan sosial untuk rela mengorbankan waktu dan tenaga demi kepentingan sosial.

Dengan adanya sikap kepedulian dari Gabungan Relawan Masbagik ini diharapkan kedepannya menjadi pemicu bagi masyarakat lain dari berbagai kalangan dan daerah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa kepedulian, solidaritas, kebersamaan, saling tolong menolong antar sesama  yang membutuhkan pertolongan, karena sesuatu hal kecil yang positif akan mendatangkan suatu hal besar yang bermanfaat bagi orang lain. Tetaplah berbuat baik karena lelahnya akan hilang sedangkan pahalanya akan terus mengalir. (Reza).

News Feed