by

Kreativitas Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

-Inspira-227 views

BERBAGI News – Dimasa pandemi covid-19 ini manusia dituntut untuk menjadi seorang yang aktif dan kreatif, dimana segala jenis kegiatan yang berpotensi dapat menularkan virus covid-19 ini di tutup dan diberhentikan untuk sementara waktu sampai ada himbauan lanjutan dari pemerintah. Kalaupun harus terpaksa berintraksi harus ada jarak minimal 1,5 meter antara individu yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu segala aktivitas manusia sekarang ini lebih banyak dilakukan secara online. Termasuk juga bisnis serta pekerjaan, semuanya dilakukan secara online. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang melakukan bisnis secara online.

Bisnis online adalah suatu usaha atau bisnis yang dilakukan atau dijalankan melalui bantuan  internet, dengan alat kerja seperti computer, laptop, smartphone, dan netbook. Biasanya seorang  pelaku bisnis online ini di sebut dengan internet marketer. Pada saat sekarang ini banyak sekali macam dari bisnis online tersebut, hampir semua usaha atau bisnis dalam kehidupan nyata bisa di jadikan bisnis online.

Hal yang paling menarik ketika seorang melakukan bisnis online yaitu tidak terikat oleh waktu, hal itu dikarenakan seorang dapat melakukan bisnis online kapan saja sesuai dengan waktu yang dimiliki. Bisnis online dapat dikakukan kapan saja, baik pagi, siang, malam, detik, menit, dan jam.

Dengan kondisi ekonomi dimasa pandemi seperti sekarang ini yang kian tidak menentu, banyak orang tidak memanfaatkan internet dan bahkan perusahaan yang tidak memanfaatkan internet, dan perlahan mulai gulung tikar. Oleh karena itu dengan diketahuinya manfaat dari internet itu sendiri sekarang ini banyak sekali perusahan yang beralih dan memanfaatkan internet, sehingga internet telah menciptakan perusahaan dengan model baru, yang mengubah persepsi tradisional dalam melakukan sebuah bisnis.

Baca Juga :  Walikota Mataram Terima Hibah Ambulance dari Jasa Raharja

Semua orang dapat memanfaatkan internet untuk melakukan sebuah inovasi serta ajang untuk menguasai teknologi, salah satunya ya dengan bisnis online ini, karena sangat mudah dilakukan dan tidak ribet. Semua kalangan dapat melakukan hal tersebut tidak terkecuali seorang mahasiswa.

Juliawan adalah mahasiswa prodi sosiologi Universitas Mataram pelaku bisnis online yang mandiri.

“menggeluti bisnis online ini mengajarkan saya menjadi seorang yang mandiri dan tentunya dapat menambah penghasilan untuk tambahan uang jajan”, ungkapnya kepada Berbagi News, Jumat (12/02/2021).

“Dari penghasilan yang meningkat, saya juga mendapatkan banyak pengalaman, serta dapat mengetahui berbagai nama desa di suatu tempat ketika mengirimkan barang pesanan,” tambahnya.

Lebih lanjut Juliawan mengatakan kendala yang sering di jumpai yaitu ketika mengantarkan barang ke konsumen, ia harus mengirim pesan dan bahkan harus menelpon berkali-kali. Apalagi ia harus tetap menajalani kuliah, tidak jarang ia harus mencuri-curi waktu luang.

“saya sedikit kewalahan, disamping saya butuh barang agar tetap laku, disisi lain juga harus tetap kuliah, kadang ketika sedang kuliah ada saja konsumen yang menanyakan apakah barang sudah ready atau belum, saya harus menahan untuk membalas pesan tersebut. Di saat dosen terlambat mengisi jam kuliah, disana saya gunakan kesempatan untuk membalas pesan tersebut dan pengantaran barang pun saya lakukan ketika ada jam kuliah kosong, intinya harus pandai-pandai mengatur waktu,” terangnya.

Kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh juliawan, keluarga sangat mendukung bahkan malah menambahkan modal untuk membeli barang.

Pewarta: Muh. Rizal Afwan
Mahasiswa program studi Sosiologi Murni Universitas Mataram

News Feed