Kunci Sukses Menurut Pandangan Islam

Religi1010 Views

Oleh : Aswan Nasution

“Siapa saja yang ingin menjadi manusia yang paling mulia maka bertakwalah kepada Allah. Siapa saja yang ingin menjadi manusia yang paling kuat maka bertakwalah kepada Allah. Dan, siapa saja yang ingin menjadi manusia yang paling kaya maka hendaklah ia berpegang teguh terhadap kekuatan Allah daripada kekuatannya sendiri”. (HR.Al-Hakim).

HADITS tersebut di atas meski hanya terdiri atas beberapa kalimat, namun mengandung kunci sebagai bekal sukses bagi seorang Muslim dalam menghadapi pertentangan kehidupan di alam dunia kini.

Kunci-kunci tersebut adalah takwa, tawakal, dan berpegang teguh pada kekuatan Allah SWT.

Kunci pertama dab utama bagi siapa yang ingin menjadi manusia yang paling mulia adalah bertakwa kepada Allah SWT.

Definisi takwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjahui segala larangan-Nya.

Adapun Takwa meliputi pekerjaan lidah, badan dan hati. Artinya jika kita tidak bertakwa maka kita tidak akan hidup mulia.

Contoh kecil, berapa banyak orang dahulunya terhormat, ketika lalai dan melakukan hal tak terpuji-melakukan korupsi, misalnya-maka ia berbalik menjadi terhina, menderita dan lagi sengsara.

Tidak hanya itu, kadang-kadang masalah lain pun turut berdatangan akibat perbuatannya itu; nama baik keluarga tercemar, anak dan istri menderita karena menjadi bulan-bulanan pemberitaan.

Kunci kedua, siapa saja yang ingin menjadi manusia paling kuat maka bertakwalah kepada Allah SWT.

Pengertian tawakal adalah mempercayakan diri kepada Allah dalam melaksanakan suatu rencana, bersandar kepada kekuatan-Nya dalam melaksanakan pekerjaan, dan berserah diri dibawah perlindungan-Nya pada waktu menghadapi kesukaran.

Setiap orang pasti akan menghadapi suka dan duka. Seseorang, sekaya apa pun dia, pasti pernah tertimpa masalah.

Hidup yang penuh liku-liku ini apabila kita tidak kuat menghadapinya, bisa-bisa kita akan selalu stres yang mengantarkan pada gangguan fisik dan psikis.

Baca Juga :  Muncul Prilaku Kaum Luth Modern

Kunci ketiga, siapa saja yang ingin menjadi manusia paling kaya maka hendaklah ia berpegang teguh pada kekuatan Allah SWT.

Sabda Nabi Muhammad SAW ini menegaskan bahwa seoran Muslim dalam segala aktivitasnya termasuk dalam hal mencari rezeki, ia harus selalu mengandalkan kekuatan Allah SWT.

Karena banyak hal yang kelihatannya mudah, namun jika Allah menghendakinya menjadi sulit maka akan sulitlah bagi kita.

Sebaliknya, banyak hal yang kelihatannya sulit, tetapi jika Allah memudahkannya maka akan mudahlah bagi kita.*

Hasbunallah Wani’mal Wakiil (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung).

Wallahu A’lam Bish Shawab.