by

Carilah Dengan Semangat, Sesuatu Yang Bermanfaat

-Religi-139 views

Oleh; ASWAN NASUTION
(Aktivis Al Washliyah Dari Wilayah Indonesia Bagian Tengah, Lombok-NTB).

BERBAGI News – SABDA Rasulullah Shallallahu ‘Alai wa Sallam, “Carilah dengan semangat sesuatu yang bermanfaat buatmu”.(HR. Muslim).

Hadits tersebut, merupakan dalil yang menuntut setiap orang untuk melakukan segala daya upaya guna memperoleh apa yang menjadi kebutuhannya, dan meminta untuk meninggalkan tindakan bermalas-malasan dan berleha-leha karena alasan takdir!!

Sebab alasan ini adalah alasan orang-orang yang tidak mau bergerak dan orang-orang yang gagal.

Sebaliknya, setiap hamba senantiasa harus memiliki semangat tinggi untuk mencari apa yang bermanfaat baginya, baik dari perkataan, perbuatan ataupun rezeki yang halal.

Hendaknya ia menggunakan segala upayanya untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat di dunia dan di akhirat sesuai dengan syari’ah berbekalan semangat.

Sesungguhnya semangat tinggi akan menggerakkan kemauan, membangkitkan tekad, mencari kesempatan yang tepat, bersegera untuk memetik buah manfaat dan mengikat semua maslahat.

Karena sesungguhnya wahyu datang dengan menggerakkan semangat membangkitkan hasrat, memotivasi tekad, menggerakkan kemauan agar bangkit mencari dengan aktif untuk menggapai kebaikan, menghimpun keutamaan dan merengkuh nilai-nilai.

Semangat seorang hamba dalam mencari sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya adalah awal dari pintu keutamaan.

Tidaklah dia dapatkan orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan, kecuali karena dia telah melalaikan kemauan dirinya dan mengamputasi tekadnya.

Sehingga, dia melalui umur-umurnya dalam angan-angan yang semu tanpa makna, dalam khayal-khyal yang rusak dan kewawasan yang menipu sehingga membuatnya rela menggadaikan umurnya di pasar penipuan.

Semangat seorang hamba senantiasa memberikan manfaat pada dirinya adalah kewajiban syari’ah dan sebuah tuntutan rasional.

Selalu bergairah melakukan perbuatan-perbuatan yang indah dan bersegera untuk tujuan-tujuan yang agung.

Nashrum minallahi wa fathun qariib wabasysyiril mukminin.

Baca Juga :  Dahsyatnya Sedekah di Hari Jum'at

Wallah ‘Alam Bish Shawab.

News Feed