by

UNSA Dipercaya Dirjendikti Untuk Gali dan Kembangkan Potensi Desa di NTB

-Pendidikan-122 views

Sumbawa, BERBAGI News – Universitas Samawa  (UNSA) mendapat kabar baik terkait tentang validasi substansi program holistik pembinaan dan pemberdayaan desa (PHP2D) tahun 2021, yang dilaksanakan Kemendikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Pengumuman ini diberitahukan kemendikbud  Direktorat jendral pendidikan tinggi melalui surat pemberitahuan  nomor 2563/E2/KM.09.01/2021 tertanggal 9 Juni 2021. Dari seleksi proposal PHP2D tahun 2021 pada tanggal 15 Mei 2021 direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan telah menerima sebanyak 1.755 proposal setelah dilaksanakan penilaian substansi pada tanggal 28 Mei – 4 Juni 2021 terdapat hanya 610 proposal yang dinyatakan lulus atau yang layak ke seleksi akhir/presentasi.

Dari 610 Proposal yang lolos ke tahap selanjutnya Mahasiswa  Universitas Samawa memiliki 5 tim yang lolos untuk tahap selanjutnya dan akan dilaksanakan pada tanggal  14-19 Juni 2021.

  1. Dosen pembimbing Dwi Mardhia dan ketua Susilawati program studi Manajemen sumber daya perairan, Dengan judul “Pengembangan Desa Wisata Bahari Berbasis Konservasi Sebagai Upaya Penyokong Hayati Maritim untuk Kedaulatan Pangan Masyarakat Desa Batu Bangka.
  2. Dosen pembimbing Dwi Wardhia dan ketua Sukma Dew program studi Manajemen, dengan judul “BUDIKDAMBER: Pemberdayaan  Masyarakat Berbasis Budidaya Ikan Dalam Ember untuk Mengatasi Kesulitan Pemenuhan Gizi Selama Pandemi Covid-19 Di Desa Labuhan Sumbawa.
  3. Dosen pembimbing Hermasyah dan ketua Wahyu Indah Widya Astuti program studi Pendidikan Fisika, dengan judul “ Kami Kreatif dan Inovatif: Peningkatan Potensi Ekowisata Pulau Depi’ Berbasis, Budaya Lokal Sebagai Sentra Wisata Di Desa Labuhan Bontong.
  4. Dosen pembimbing Lahmuddin Zuhri dan Ketua Zuama Widyaiswara Ilmu Hukum, dengan judul “Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Dalam Perkembangan Gili Sejangan Sebagai Ekosistem Di Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape.
  5. Dosen Pembimbing Muslim dan ketua Bagas Nusantara program studi Ilmu Administrasi, dengan judul “Optimalisasi Potensi Peternakan Sapi Melalui Pemanfaatan Limba Pertanian Dan Penguatan Kelompok Tani Ternak Di Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.
Baca Juga :  Pertama di Dunia, Sekolah Ini dibangun dari Limbah Plastik

Walaupun masih lolos dalam tahap penilaian substansi  tetapi Mahasiswa Universitas Samawa merasa bangga atas kerjasamanya dalam malukan kegiatan PHP2D, dalam penilaian seleksi akhir proposal PHP2D tahun 2021  pada tanggal 14-19 Juni 2021, pembina organisasi kemahasiswa UKM Pprmahasiswa Iwan Hariyanto, SH., MH sangat bersyukur atas kepercayaan DirjenDikti kepada mahasiswa Universitas Samawa untuk menggali potensi desa, serta membangun tata kelola potensi desa yang ada di NTB khususnya kabupaten Sumbawa, malsi dari pertenakan, perikanan, ekologi, wisata serta kelembagaan dan kearifan lokam tau samawa (masyarakat sumbawa.red).

Semoga 5 judul yang lolos ini dapat dibiayai secara maksimal oleh Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi.red), kami semua berharap dan berdoa agar 5 tim mahasiswa Universitas Samawa mendapat kabar baik lagi dengan lolos dalam tahap akhir nanti..Aamiin”, harap Iwan.

“Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau di sebut kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) ataupun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) termasuk kelompok kajian mahasiswa, tujuan dari program ini untuk menumbuh rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Selain itu  mahasiswa diajak untuk berkontribusi dalam program PKHP2D agar dapat membangun kerjasama dengan baik antara mahasiswa dan masyarakat desa,” tutup Iwan. (LZ)

News Feed