by

Ciptakan Pengusaha Muda, Pawon Pengsong Buka PKL Siswa SMKN 1 Pelayaran Alas Sumbawa

-Pendidikan-150 views

Lombok Barat, BERBAGI News – Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha, menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional memasuki dunia usaha, meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pelayaran Alas Sumbawa menyebar para siswanya ke berbagai perusahaan dan tempat usaha. Salah satunya adalah di Pawon Pengsong, produksi serbat jahe dan aneka olahan kopi bubuk di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pawon Pengsong yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Lombok Barat mengadakan pembukaan Praktek Kerja Lapangan  (PKL) untuk siswa berprestasi dari SMKN 1 Pelayaran Alas – Sumbawa tersebut di Dapur Pawon Pengsong yang berada di perumahan Perembun Asri Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Kabuapaten Lombok Barat.  Senin (14/06/2021).

Pemilik Pawon Pengsong, Hj. Nur Aida merasa bersyukur bisa berbagi ilmu kepada generasi muda terutama untuk menciptakan pengusaha pengusaha muda.

“tentunya sejak dini kita harus membina  dengan diadakannya  PKL ini dan alhamdulillah saat ini memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi dari SMKN 1 Pelayaran Alas,” jelas Umi Aida sapaan akrab Pemilik Pawon Pengsong.

Kegiatan PKL ini akan diadakan selama dua bulan kedepan, dimana akan diajarkan banyak hal mengenai  bagaimana membuat olahan Serbat, kopi yang memiliki standar dan berkualitas.

“Produk produk kami telah mendapat pengakuan nasional maupun internasional dibuktikan dengan telah dijualnya produk kami secara nasional maupun internasional.” Tambah Aida.

Sementara itu Hipmikindo Lombok Barat sebagai  sebuah Lembaga yang bergerak dalam bidang UMKM melalui Humasnya yakni bapak Eko sangat mengapresiasi kegiatan pembukaan PKL ini.

“ini merupakan terobosan bagi para pengusaha UMKM  untuk bisa mengembangkan dan menciptakan regenerasi agar semakin banyak yang lebih mengenal  produk UMKM kita,” ucapnya.

Baca Juga :  UNRAM Farming : "Ketika Rekreasi Dipadu Dengan Edukasi Maka Bertani Akan Menyenangkan"

“Semoga siswa siswa ini bisa fokus dalam belajar dan memanfaatkan waktu yang ada untuk mendalami bagaimana sebuah UMKM bisa menghasilkan sebuah produk yang dapat dinikmati oleh banyak orang sehingga nantinya akan terwujud para entrepreneur muda dimasa yang akan dating,” harap Eko.

Salah seorang siswi dari SMKN 1 Pelayaran Alas ini, Fitri mengatakan sangat berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk bisa  belajar  di Pawon Pengsong.

“walau harus meninggalkan sanak keluarga selama dua bulan dan harus mencari kontrakan  diwilayah tempat PKL  tidak menyurutkan semangat kami dan teman teman untuk menimba ilmu di Pawon Pengsong,” ungkapnya. (Joy)

News Feed