Unsa Raih Hibah PHP2D dengan Lima Judul

Berita Utama1224 Views

Sumbawa, BERBAGI News – Universitas Samawa kembali meraih prestasi di tingkat nasional dalam kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Program PHP2D merupakan salah satu bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan membangun desa melalui karya dan inovasi dari anak bangsa yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Yang bertujuan untuk Menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Terdapat ribuan perguruan tinggi yang mengajukan program dengan tahap seleksi yang sangat ketat, Universitas Samawa menjadi salah satu Universitas Swasta Di NTB sebagai pemenang dari Program Kementerian pendidikan ini Berhasil menoreh Sebanyak 5 proposal PHP2D melalui Organisasi Mahasiswa (Ormawa) lolos dari seleksi substansi yang dilakukan oleh Dikti, berdasarkan surat pengumuman dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Samawa melalui Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Riset dan Teknologi, Nomor: 2563/E2/KM.01/2021.

Ada pun kelima dari proposal yang lolos untuk pendanaan yaitu BEM Fakultas Peternakan dan Perikanan yang dibimbing oleh Dwi Mardhia, ST., M.Sc dengan judul
Pengembangan desa wisata bahari berbasis konservasi sebagai upaya penyokong hayati maritim untuk kedaulatan pangan masyarakat desa batu Bangka, HPMS manajemen Sumberdaya perairan yang dibimbing oleh Dwi Mardhia, ST., M.Sc.
BUDIKDAMBER dengan judul pemberdayaan masyarakat berbasis budidaya ikan dalam ember untuk mengatasi kesulitan pemenuhan gizi Selama pandemi covid-19 di desa labuhan Sumbawa, BEM fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang dibimbing oleh Hermansyah, M.Pd.
Dengan judul Kami kreatif dan inovatif : peningkatan potensi ekowisata pulau depi’ berbasis budaya lokal sebagai sentra wisata di desa labuhan bontong, BEM fakultas ilmu sosial dan ilmu politik yang dibimbing oleh Muslim, M.Sos dengan judul Optimalisasi potensi peternakan sapi melalui pemanfaatan limbah pertanian dan penguatan kelembagaan kelompok tani ternak di desa koto kecamatan Moyo hulu kabupaten Sumbawa NTB dan DFM fakultas hukum yang dibimbing oleh Dr.Lahmuddin Zuhri, S.H., M.Hum dengan judul Perlindungan dan pengelolaan ekosistem dalam perkembangan Gili sejangan sebagai ekowisata di desa labuhan kuris kecamatan lape.

Baca Juga :  Akhir Tahun, Kapolri Ajak Jajaran Polda NTB Cegah Lonjakan Covid-19

Program PHP2D ini sangat membantu mahasiswa dalam segi penelitian, pemberdayaan ataupun pengabdian seperti yang terdapat didalam tridharma perguruan tinggi dan sesuai dengan zaman, kami rasa ini banyak sekali manfaat positif bagi mahasiswa dan penguruan tinggi itu sendiri.

Harapan dari Universitas Samawa agar kedepanya seluruh mahasiswa lebih berperan aktif dalam memenangkan hibah dikti ini, selain untuk menambah pengetahuan dan pengalaman juga menjadi cara untuk mengabdikan diri ditengah masyarakat.

Proses ini adalah momentum agar mahasiswa tidak hanya terfokus didalam pendidikan formal didalam ruangan tetapi juga mengetahui pendidikan nonformal atau yang berhadapan langsung dengan masyarakat.