by

Bantu Cegah Abrasi, KKN Tematik Unram Desa Pelangan Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Lombok Barat, BERBAGI News – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) Desa Pelangan adakan aksi penanaman ribuan bibit mangrove bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Pokdarwis, pokmaswas, Karang Taruna, serta masyarakat Desa Pelangan.

Hal ini dilakukan guna mencegah abrasi dan melestarikan lingkungan alam. Kegiatan ini diadakan di belakang Madrasah Miftahul Ulum Desa Pelangan Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

“Kami menanam bibit mangrove 1520 dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang ada di Desa Pelangan, kegiatan ini merupakan salah satu program utama KKN yang kami bawa,” ujar Roby selaku Ketua KKN, Jumat (16/7/2021).

Sementara itu Siri Ketua Pokdarwis mengatakan penanaman mangrove ini sangat banyak manfaatnya.

“Selain untuk mencegah abrasi, nanti setelah mangrove ini besar. Akar mangrove ini akan mejadi sarang udang dan kepiting,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang sama Kepala Desa Pelangan A. Zainul Hafidz, SH menyatakan bangga atas kegiatan yang diadakan oleh KKN Tematik Unram dan berharap kegiatan ini bisa bermanfaat kedepannya.

“Ini merupakan kegiatan bakti sosial yang sangat positif,  dimana kegiatan penanaman mangrove ini bisa menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi,“ ujarnya.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk kedepannya supaya masyarakat tetap menjaga lingkungan, terutama di pesisir pantai,” harapnya. (san)

News Feed