by

Kembangkan Toga Desa Kepuharjo, PMM UMM Kelompok 43 Gelombang 9 Ajak Warga

-Berita-166 views

Malang, BERBAGI News – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM-UMM) Masih terus berlanjut. Kelompok 43 Gelombang 9 PMM-UMM melakukan Program kerja pada minggu ketiga yaitu kegiatan penanaman obat keluarga (TOGA) di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan menanam Toga diawali dengan memberikan edukasi serta pengetahuan terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar agar lebih paham manfaat dari menanam toga oleh kelompok 43 Gelombang 9.

“Program kerja ini dilakukan selama 1 hari pada Sabtu 26 Juni 2021, adapun alat dan bahan yang digunakan dalam menanam toga pada kegiatan kali ini adalah, Polibag, Tray tanam, Pupuk, Tanah, Tanaman obat (Serai, Jahe, Sirih).” Jelas ketua kelompok Hamulia Syawalita Putri.

Lebih lanjut putri juga mengatakan kegiatan dimulai dengan memasukkan tanah dan pupuk ke dalam polibag, kemudian dilanjutkan dengan menanam tanaman obat pada media tanam tersebut. Dan dilakukan hal yang sama pada jenis tanaman obat lainnya.

“kegiatan ini didukung oleh antusias masyarakat sekitar, masyarakat setempat menyiapkan media tanam berupa tanah,” jelas Putri.

Selain itu masyarakat juga menerapkan penanaman tanaman obat ini pada pekarangan rumah masing-masing. Adapun hasil tanaman diletakkan di sekitar Gapura pintu masuk desa. (red)

Baca Juga :  Patroli Gabungan Resort Meninting dan Malimbu Bersama TNI - POLRI

News Feed