by

Mahasiswa KKN Unram Kelurahan Sasake Lakukan Sosialisasi Zero Waste

-Berita-107 views

Lombok Tengah, BERBAGI News – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelurahan Sasake mengadakan sosialisasi tentang Zero Waste. Sosialisasi ini diadakan di salah satu rumah warga Kelurahan Sasake, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah pada Jumat, 25 Juni 2021.

Sosialisasi ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dengan jumlah peserta 35 orang dari masyarakat setempat dan dukungan penuh pemerintah kelurahan.

“Meminimalisir sampah plastik sekaligus mengenalkan produk atau kerajinan yang dapat dibuat dengan bahan baku dari sampah,” jelas Muhammad Majdi Ketua kelompok KKN.

Hadir sebagai pemateri adalah manajer area 2018/2019 di Bank sampah Bintang Sejahtera NTB tentang Zero Waste atau bebas sampah dikenalkan lebih lanjut oleh Uji Purnama, SE. Semakin meningkatnya volume sampah setiap harinya memberikan dampak negatif terhadap lingkungan dan kehidupan.

“Tempat pembuangan sampah mulai meluap, lautan tercemar, dan landfill ditinggalkan dengan miliaran ton sampah yang tidak dapat terurai selama ratusan tahun dan tidak dapat didaur ulang. Terutama sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang secara alami,” papar Uji.

Pengenalan konsep zero waste kepada masyarakat sangat penting sebab sampah rumah tangga merupakan sampah yang setiap hari mengalami penambahan.

“Melalui sosialisasi ini agar masing-masing individu sebagai bagian dari masyarakat berperan secara aktif meminimalisir dan mengelola permasalahan sampah yang ada di Kelurahan Sasake sebagai salah satu wujud kontribusi terhadap lingkungan dalam upaya membantu pemerintah mengatasinya,” harapnya. (red)

Baca Juga :  Air Terjun Dewi Selendang, Mahasiswa KKN tematik Unram Desa Bilok Petung Ambil Bagian Promosi

News Feed