by

KKN tematik Unram Selesaikan Administrasi Kependudukan

-Berita-160 views

Lombok Timur, BERBAGI News – Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di Desa Bilok Petung kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur selesaikan masalah administrasi kependudukan masyarakat Desa Bilok Petung.

Desa Bilok Petung terletak di bawah kaki gunung Rinjani sebelah utara. Jika dilihat dari letak wilayah maka Desa Bilok Petung masuk dalam Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Utara.

Ketua kelompok KKN Desa Bilok Petung, Haekal Fikri mengemukan kepada Berbagi News, lokasi desa bilok petung yang jauh dari pusat kota atau pusat pemerintahan membuatnya dikatakan desa yang terpencil.

“Karena jarak pusat pemerintahan dengan Desa Bilok Petung yang cukup jauh membuat masyarakat agak malas untuk mengurus sesuatu ke pusat kota contohnya seperti mengurus administrasi kependudukan. Padahal administrasi kependudukan sangatlah penting dan wajib dimiliki oleh masyarakat seperti halnya kartu keluarga, kartu tanda penduduk (KTP), kartu identitas anak (KIA),” jelas Haekal.

“Permasalahan jarak tempuh untuk membuat dan mengurus administrasi kependudukan tersebut, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Lombok Timur mempunyai inisiatif bisa dikatakan jemput bola sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam mengurusi dan membuatkan administrasi kependudukan bagi masyarakat,” tambahnya.

Riwasim, Sekretaris Desa (Sekdes) Bilok Petung menyampaikan keadaan dan permasalahan yang dialami masyarakat Bilok Petung tersebut aparatur pemerintah desa meminta bantuan kepada mahasiswa KKN Universitas Mataram yang ada di Bilok Petung untuk membantu dan berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan administrasi kependudukan masyarakat Desa Bilok Petung.

Atas permintaan permasalahan tersebut direspon dengan baik dan positif oleh mahasiswa KKN Universitas Mataram. Lebih lanjut Ketua KKN haekal mengatakan “walaupun kegiatan ini tidak sesuai dengan tema KKN yang telah diberikan oleh universitas yakni kewirausahaan, tetapi ini  tidak lain dan tidak bukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan desa.” katanya sambil menyetujui permintaan sekretaris desa bilok petung.

Baca Juga :  Dialog Publik, PKC PMII Bali Nusra : Antisipasi Kerawanan Konflik Menjelang Tahun Baru

Kolaborasi antara dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Lombok timur dengan mahasiswa KKN Unram untuk menyelesaikan permasalah administrasi kependudukan di Desa Bilok Petung berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Dikarenakan strategi yang digunakan mahasiswa KKN Unram yakni langsung turun ke lapangan (9 dusun) untuk mendata masyarakat yang belum lengkap maupun belum memiliki administrasi kependudukan.

“Setelah dilakukan pendataan kepada masyarakat kami langsung merekap data permasalahan masyarakat tersebut, permasalahan-permasalahan yang ada mulai dari permasalahan pembuatan kartu keluarga, pembuatan KTP, pembuatan KIA dan lain-lain di kumpulkan dan disatukan dalam masing-masing permasalahan untuk memudahkan dinas kependudukan dan catatan sipil dalam melakukan pelayanan,” tambah Haekal.

Seirama dengan Kepala Desa (Kades) Bilok Petung Rusdi S.pd, mengemukan bahwa mahasiswa KKN Unram dan partisipasi masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan tersebut bisa dikatakan sangat baik, seperti yang dikatakan kepala seksi pemerintahan Desa Bilok Petung (bapak Sam) sehingga permasalahan administrasi kependudukan yang ada di Desa Bilok Petung dapat diselesaikan.

“Hampir selesai 99% berkat partisipasi dan bantuan mahasiswa KKN Universitas Mataram yang sangat baik dan bagus dalam membantu masyarakat menyiapkan berkas kependudukan,” jelas kades.

Kades sangat bersyukur dan berterima kasih kepada mahasiswa KKN tematik UNRAM 2021 ini, peran aktif mahasiswa KKN Unram Desa Bilok Petung dalam membantu administrasi kependudukan masyarakat Desa Bilok Petung sangat di apresiasi oleh masyarakat dan lebih-lebih sangat di apresiasi oleh staf kantor desa beserta dinas kependudukan dan catatan sipil dalam kinerja dan partisipasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Unram. (red)

News Feed