by

Semangat Api Kemerdekaan Tidak Akan Pernah Pudar

-Berita-161 views

Oleh: Aswan Nasution

Saudara-saudara ku!

SEKARANG kita telah hidup di alam kemerdekaan dan nasib kita berada ditangan kita sendiri, sebagai bangsa besar.

Melalui firmannya Allah SWT mengingatkan kita semua sebagai bangsa maupun umat Islam, sebagaimana termaktub dalam surat Ar-Ra’d ayat 11:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga merek merubah yang ada pada diri mereka sendiri.”

Saudara-Saudaraku !

Oleh sebab itu kita sebagai pewaris kemerdekaan mempunyai tanggung jawab memelihara dan merawat agar semangat api kemerdekaan itu  tidak semakin menjadi pudar.

Kita isi kemerdekaan ini dengan cita-cita kemerdekaan yaitu mewujudkan negara yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat dari Allah SWT.

Mari kita tingkatkan terus dharma bhakti kita dalam mengisi kemerdekaan ini. Kita tempatkan diri kita sesuai dengan keahlian dan kemampuan kita masing-masing.

Bagi para pelajar, santri, mahasiswa, pemuda. Belajarlah dengan tekun dan sungguh-sungguh guna mendapatkan ilmu pengetahuan yang sebanyak-banyaknya, sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negeri ini.

Bagi para pegawai maka bekerja dan mengabdilah dengan penuh disiplin dan berintegritas tinggi serta penuh rasa tanggung jawab.

Bagi seorang pemimpin, maka pimpinanlah dengan rasa cinta dan kasih sayang, serta penuh rasa keadilan bersama rakyatnya.

Kita tunjukan diri kita kepada Allah SWT, bahwa kita adalah sebagai bangsa yang pandai bersyukur atas segala nikmat-Nya terutama nikmat kemerdekaan ini yang sudah berusia ke-76 tahun.

Saudara-saudaraku!

Janganlah kita sampai berkhianat terhadap bangsa dan negara kita, berkhianat terhadap tugas kita, berkhianat kepada Allah SWT.

Karena sesungguhnya pengkhianatan adalah merupakan suatu bentuk kekufuran atas segala  amanat dan nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT kepada bangsa Indonesia seluruhnya.

Baca Juga :  Non Tunai, Pembagian BLT Dana Desa Wonomarto Tahap II

Selama 76 tahun kemerdekaan yang kita rasakan yang tepatnya akan kita peringati besok tanggal 17 Agustus 2021 belumlah berarti apa-apa jika dibanding tiga setengah abad bangsa Indonesia dicengkeram penjajah, hidup penuh penekanan dan penindasan.

Oleh sebab itu untuk mengejar keterbelakangan, ketinggalan yang cukup jauh inilah bangsa Indonesia sangat dituntut untuk bekerja keras, tekun dan rajin penuh semangat dan gairah membangun semua sarana kebutuhan hidup dan kehidupan bangsa dan negara Republik yang kita cintai.

Dengan demikian, kita sebagai bangsa Indonesia umumnya untuk tidak menjadi sebagai penonton setia tidak berpangku tangan dan berdiam saja.

Saudara-saudaraku!

Mari kita singsingkan lengan baju ikut berperan aktif serta mengisi kemerdekaan yang merupakan hasil perjuangan seluruh bangsa Indonesia.

Ada tugas kita bangsa Indonesia ini secara menyeluruh untuk mempergunakan dan mengarahkan kemerdekaan ini kepada jalan yang baik dan benar serta cita-cita luhur, yaitu menuju masyarkat yang sejahtera adil dan makmur penuh ampunan Allah SWT.

Mudah-mudahan kita semua tidak pernah menyerah untuk mewujudkan negara yang adil dan makmur.

Kita senantiasa memohon kepada Allah mudah-mudahan selalu melimpahkan anugerah dan ridha-Nya kepada kita semua bangsa ini.

Terutama harapan kita untuk segera kita merdeka dari kepungan dan belenggu wabah pendemi Civid-19. yang kita tidak mengetahui secara persis kapan berakhirnya.

Semoga peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan tahun ini (17 Agustus 2021) akan memberikan keberkahan, manfaat bagi seluruh bangsa dan tanah air tercinta ini. Aamiin.

Walhu a’lam bish shwab.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-76 (17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2021). Indonesia Teguh, Indonesia Tumbuh.

Merdeka … Merdeka… Merdeka!

Berita Terkait

Jangan Lewatkan