by

Dr. Syaf Gent: Mutasi Suatu Dinamika Birokrasi

-Daerah-122 views

Sumbawa, BERBAGI News – Mensukseskan visi besar “Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban”, sebanyak 14 pejabat eselon 2 dimutasi oleh pemerintahan Mo-Novi pada Jum’at (10/09/2021) adapun nama-nama pejabat eselon 2 yang mutasi gelombang satu yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Varian Bintoro, S.Sos,. M.Si sebagai Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Setda Sumbawa, H Sahril, S.Pd,. M.Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Kepala Dispusip. Kepala Dinas Pangan Sumbawa Ir. Syafuddin Nur digeser menduduki kursi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Birokrat senior Dr. Iksan Safitri, M.Si Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa menjadi Kepala Dikbud Sumbawa, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfotiksan) Rachman Ansori, S.Sos., M.Si menjadi Kepala DPMD Sumbawa, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tarunawan, S.Sos, SP menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) H. Rosihan, ST., MT kini menduduki jabatan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Tata Kostara digeser menjadi kepala BPKSDM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Haris, S.Sos digeser menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Ir. H. Zulqifli menjadi Kepala DPMPTSP Sumbawa, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jannatulfalah, S.Ap menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Syahruddin, S.H. digeser menjadi staf ahli Bupati Bidang Pembangunan ekonomi dan keuangan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Tri Karyati, S.Sos. digeser menjadi Kepala Diskominfotiksan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Irin Wahyu Indarni digeser ke Dinas Ketahanan Pangan.

Terkait mutasi tersebut penstudi manajemen sumber daya manusia yang juga pakar ekonomi kelembagaan Universitas Samawa Dr. Syafruddin, SE., MM menilai mutasi adalah sebuah dinamika dalam pemerintahan dan birokrasi, sehingga ini adalah hal yang wajar dan harus dilakukan untuk memberikan penyegaran dan energi baru bagi birokrasi Sumbawa.

“Tujuannya antara lain memicu peningkatan kinerja dan produktivitas, pendayagunaan aparatur birokrasi, pengisian jabatan-jabatan lowong, serta ini juga menjadi reward bagi pejabat berprestasi dan punishment bagi yang tidak produktif atau bagi yang tidak berkinerja atau diasumsikan tidak loyal,” Jelas Dr Syaf Gent sapaan akrab Dr. Syafruddin.

Semoga penempatan ke 14 pejabat eselon 2 ketempat yang baru dapat mempercepat terwujudnya janji politik Mo-Novi, dalam mensukseskan misi pertama yaitu sumbawa bersih dan melayani, guna menciptakan birokrasi pemerintahan yang bersih dan anti korupsi anti kolusi dan anti nepotisme.

“Semoga mutasi ini melahirkan birokrat yang tangguh tanggap dan bermutu, dalam memberikan pelayanan yang efisien dan efektit guna mensukseskan visi-misi Mo-Novi,” harap wakil rektor Unsa yang milenial ini. (LZ)

News Feed