by

Dirjen PSDKP Ajak Mahasiswa Unsa Kawal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

-Pendidikan-203 views

BERBAGI News – Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Dirjen PSDKP), laksana muda TNI Aden Nurawaluddin, M.Hun memberikan kuliah umum di kampus Universitas Samawa (Unsa), Sumbawa Besar, NTB. Kuliah umum ini merupakan kegiatan dari program “PSDKP Mengajar”. Senin (20/09/2021).

Dalam Kuliah Umum yang bertemakan “Tantangan dan Kebijakan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP)”, Dirjen PSDKP memaparkan tentang poin-pint penting dalam PSDKP yaitu (1) landasan hukum pengawasan   SDKP, (2) Strategi PSDKP dan Tantangan PSDKP.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen PSDKP juga menyampaikan bahwa Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu Kabupaten yang terpilih sebagai daerah pembangunan Shrim estate dan Budidaya Lobster.

Aden menjelaskan bahwa shrimp estate yang akan dibangun di Desa Penyaring memiliki luas sebesar 1.000 Ha, berapa orang yang akan mendapat manfaatnya dan ini merupakan tantangan dan kesempatan bagi pemuda-pemuda Sumbawa.

“Mari kita kawal bersama pembangunan dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Samawa Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan terutama yang ada di Kabupaten Sumbawa perlu sinergitas antara lembaga pemerintah dan perguruan tinggi.

Lebih lanjut Rektor dengan sapaan akrab Prof Ude ini menyarankan kepada Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan agar dapat melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan program-program di Sumbawa.

“Keterlibatan dan sinergitas ini dapat dilakukan dalam bentuk riset dan pembinaan masyarakat secara bersama-sama antara pemerintah dan perguruan tinggi”, tegasnya.

Baca Juga :  Gratis!!!, Penerimaan Santri Baru Ponpes Al-Bukhari Lombok 2022/2023

News Feed