by

Prodi Sosiologi Unram Gelar Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak di Desa Pringgabaya

-Pendidikan-375 views

Lombok Timur, BERBAGI News – Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Mataram (Unram)  menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Perda Tentang Perkawinan Usia Anak Sebagai Upaya Pencegahan Perkawinan Usia Anak di NTB”, bertempat di Desa Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.  Sabtu (18/09/2021).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masih tingginya angka pernikahan anak di NTB, salah satunya di Kabupaten Lombok Timur serta sosialisasi Perda Tentang Perkawinan Usia Anak Sebagai Upaya Pencegahan Perkawinan Usia Anak Di NTB. Penggagas kegiatan ini adalah Dosen Prodi Sosiologi Unram yang terdiri dari Solikatun, S.Pd., M.Si, Ir. Siti Nurjannah, M.Si,  dan Nila Kusuma, S.Pd., M.Sosio.

“Kegiatan ini dapat menjadi masukan kepada kami para orang tua untuk lebih memperhatikan pergaulan anak agar terhindar dari pernikahan  anak,” ungkap salah satu peserta Ibu Feri.

Peserta remaja  Ratnawati berharap supaya  kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilaksanakan kembali pada bulan-bulan berikutnya.

“Agar para remaja semakin menjaga diri dari pergaulan yang dapat menyebabkan terjadinya pernikahan anak,” harapnya.

Peserta lainnya, Pak Ahyar menyampaikan  terima kasihnya kepada Program Studi Sosiologi Universitas Mataram atas pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut.

Peserta dari  kegiatan  pengabdian ini adalah masyarakat desa Pringgabaya khususnya para orang tua dan anak-anak remaja. Salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi dan para peserta sangat antusias mengikuti  kegiatan pengabdian masyarakat hingga selesai. (amar)

Baca Juga :  Wujudkan Sumbawa Bersih dan Sehat, Mahasiswa Unsa Gelar KKN Gotong Royong Bersih Pantai