Geliatkan Senggigi melalui Aplikasi Ayo Ke Lombok

Pariwisata417 Views

Lombok Barat, BERBAGI News – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, terus menggeliatkan kawasan wisata Senggigi karena berada dalam lingkaran destinasi superprioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat H. Saepul Akhkam, dalam kegiatan bimbingan teknis digital marketing bagi pelaku ekonomi kreatif seni pertunjukan di Desa Batulayar, Lombok Barat, pada pertengahan April lalu, juga menyinggung Senggigi.

Senggigi, kata dia, harus makin digerakkan dan digiatkan dengan aneka atraksi untuk songsong destinasi superprioritas Mandalika. Bahkan, dalam perencanaan pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan, kawasan Batulayar tidak bisa terlepas dari kawasan inti dan utama Senggigi.

Oleh sebab itu, melalui rencana induk pembangunan pariwisata, ada tiga kawasan di Kabupaten Lombok Barat, yakni Senggigi dan sekitarnya sebagai kawasan utama, selain adanya Sekotong dan sekitarnya, serta Narmada dan sekitarnya.

Akhkam menambahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) begitu memperhatikan pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan cara menggeliatkan sektor pariwisata di Kabupaten Lombok Barat yang merupakan bagian lingkaran destinasi superprioritas KEK Mandalika.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif Kamenparekraf Muhammad Ricky Fauziyani mengatakan bahwa program bimbingan teknis kali ini merupakan salah satu langkah meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif, khususnya seni pertunjukan.

Tujuannya adalah agar para pelaku ekonomi kreatif bisa menggunakan alat yang sederhana seperti smartphone untuk bisa membuat sebuah konten yang bisa menjadi promosi.

“Kegiatan kali ini berawal dari ide lepas. Dan ternyata idenya sama dengan apa yang sudah dibangun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, yaitu sebuah aplikasi ‘Ayo Ke Lombok’,” katanya.

“Ayo Ke Lombok” sendiri merupakan salah satu inovasi Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat untuk membantu para pelaku usaha pariwisata memasarkan produk-produknya, mulai dari produk ekonomi kreatif, akomodasi, kuliner, transportasi, hingga destinasi wisata. (ANT/MTR)

Baca Juga :  Hotel-Hotel Indonesia Borong Penghargaan di ASEAN Tourism Awards 2024