by

Belum Punya KTP, Kadis Dukcapil Mataram: Sistem Jemput Bola

-Berita-7 views

Mataram, BERBAGI News – Melalui layanan sistem jemput bola menggunakan mobil operasional keliling, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram H. Amran M. Amin. mengatakan, warga yang belum punya KTP menjadi atensi dan prioritas pelayanan Dukcapil.


“Total penduduk Kota Mataram yang wajib KTP tercatat 311.560 jiwa, sedangkan yang sudah ber-KTP elektronik 307.468 jiwa atau 98,69 persen,” katanya.

Untuk memberikan layanan jemput bola bagi 1,31 persen warga yang belum ber-KTP tersebut, pihaknya bekerja sama dengan TP PKK Kota Mataram melalui para kadernya untuk melakukan pendataan terhadap sasaran tersebut.

Kader PKK yang tersebar pada 325 lingkungan, katanya, akan mendata di lingkungan bahkan RT mana 4.092 jiwa tersebut, untuk dilayani perekaman KTP elektronik dengan menggunakan mobil operasional keliling.

“Dengan demikian, warga yang belum ber-KTP bisa terlayani dan mendapatkan langsung KTP elektronik mereka,” katanya.

Lebih jauh Amran mengatakan, alasan ribuan warga wajib KTP tersebut belum memiliki KTP antara lain karena kesibukan masyarakat yang tinggi sehingga memiliki keterbatasan waktu.

Selain itu, masyarakat mungkin masih trauma dengan layanan kependudukan yang mereka alami sebelumnya akibat prosedur yang lama dan berbelit-belit.

“Padahal sekarang, penerbitan dokumen kependudukan sangat mudah dan cepat. Jika tidak ada gangguan teknis dan syarat lengkap, KTP bisa langsung jadi termasuk dokumen kependudukan lainnya dan diberikan secara gratis,” katanya. (ant)

Baca Juga :  Rencana Pemerintah NIK jadi NPWP, ini Persiapan Dinas Dukcapil Mataram

News Feed