Milenial Sumbawa ini, Kembangkan Beras Organik untuk Kesehatan

Sumbawa, BERBAGI News – Inovasi dan kratifitas menjadi kata kunci di era global ini, sehingga kaum milenial dituntut ramah informasi teknologi dan perubahan zaman. Milenial Sumbawa berhasil produksi beras organik yang dilabel dalam Beras Organik Sumbawa (BOS) adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia.

“Hal yang unik dari BOS adalah budidaya di tanah yang ramah lingkungan, tidak menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Proses ini akan menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem di dalamnya,” terang pemilik BOS, dr. Nuzul Dio Ika P.

Proses budidaya beras organik dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati. BOS menggunakan Pupuk organik dari EcoFarming yang dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. Proses organik juga dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Jika dibandingkan dengan beras non organik, beras organik memiliki beberapa kelebihan di antaranya, saat dimasak, beras organik terasa lebih pulen, nasi tidak cepat basi, tahan hingga 24 jam, volume lebih banyak dibandingkan dengan beras non organik.

Selain memiliki beberapa keunggulan di atas, mengkonsumsi beras organik akan memberi manfaat bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi beras organik akan mengurangi kadar urea dalam darah yang selama ini telah menumpuk karena kebiasaan mengkonsumsi beras yang dipupuk dengan urea. 

Beras Dapat mengurangi kadar logam berat dalam darah karena penggunaan insektisida kimiawi. Hal inilah yang dapat mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit berbahaya yang pada dasa warsa terakhir banyak diderita oleh masyarakat.

dr. Nuzul dokter dermawan ini juga mengatakan bahwa beras organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dan sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

Baca Juga :  Pemerintah Putuskan Tarif Listrik 2023, Berikut besaranya

“Beras organik baik untuk program diet, mencegah kanker, serangan jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo,” tutupnya. (LZ)