by

Bakti Sosial, Himpunan Mahasiswa Sosiologi Unram melakukan Penanaman 300 Bibit Mangrove

-Pendidikan-98 views

Lombok Barat, BERBAGI News – Tridarma perguran tinggi merupakan kewajiban perguruan tinggi untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Puluhan Himpunan Mahasiswa Sosiologi Universitas Mataram (Unram) khususnya yang membidangi Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) di Pantai Cemara Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Rabu (20/10/2021).

Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat Himasos Unram, Sarisah mengatakan Kegiatan ini dilakukan karna keinginannya turut serta dalam menjaga lingkungan.“Dipilihnya Pantai Cemara sebagai lokasi Baksos penanaman mangrove merupakan salah satu wilayah yang memang membudidayakan serta melestarikan pohon mangrove. Terlebih lagi kawasan penanaman mangrove dipantai cemara lembar dimanfaatkan sebagai obyek wisata,” katanya.

Ia bersama teman lainnya bergerak untuk ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan tersebut, selain untuk alam kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pariwisata di NTB khususnya di Lembar yang menyuguhkan pemandangan pohon-pohon mangrove disepanjang jalan menuju pantai.

“Penanaman mangrove yang dilakukan sangat bermanfaat mengatasi banjir pada kawasan pesisir,” Terangnya.

Pelaksanan kegiatan penanaman mangrove didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB Kota Mataram yang memberikan bibit mangrove.

“Sebanyak 300 bibit dari DLHK,” katanya.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Pokdarwis (kelompok sadar wisata) di Pantai Cemara yang membantu penanaman dan memberikan edukasi proses penanaman serta penyediaan tempat. (amr)

Baca Juga :  Mutu Pendidikan Anak Menurun, Perlukah Sekolah Tatap Muka Dibuka Kembali?

News Feed