BPJAMSOSTEK NTB menjadi Percontohan Magang Kerja Penyandang Disabilitas

Inspira449 Views

Mataram, BERBAGI News – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Nusa Tenggara Barat mendapatkan kesempatan sebagai cabang percontohan yang merekrut penyandang disabilitas untuk dapat bekerja dengan sistem pemagangan selama tiga bulan, mulai Oktober hingga Desember 2021.

Kepala BPJAMSOSTEK NTB Adventus Edison Souhuwat, di Mataram, Senin (25/10/2021) menjelaskan program magang kerja bagi penyandang disabilitas tersebut sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Tujuan utamanya adalah BPJAMSOSTEK dapat menjadi jembatan penghubung antara penyedia dan kebutuhan lapangan kerja dan tenaga kerja penyandang disabilitas,” katanya.

Ia mengatakan para penyandang disabilitas peserta magang di pusat ketenagakerjaan yang inklusif atau kondisi khusus (Inclusive Job Centre) akan dievaluasi kinerjanya. Hal itu bertujuan untuk memastikan status magangnya ditingkatkan menjadi pegawai kontrak.

“Terdapat tiga karekteristik penyandang disabilitas yang bisa mengikuti pemagangan, yakni tuna daksa, tuna rungu dan tuna ganda (daksa dan rungu),” ujarnya.

Adventus menambahkan selama pemagangan di BPJAMSOSTEK NTB, peserta akan mendapatkan gaji sesuai dengan upah minimum kota. Selain itu, ada uang kehadiran dan pendapatan bulanan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Selama di kantor, jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pekerja difabel adalah memberikan informasi syarat dan tata cara klaim, syarat pendaftaran menjadi peserta serta informasi program, mengecek dokumen klaim,” ucapnya.

Rifqi, salah seorang penyandang tuna daksa yang berasal dari Kabupaten Lombok Timur, mengaku sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk bisa magang di kantor BPJAMSOSTEK NTB.

Ia berharap semakin banyak peluang pekerjaan bagi penyandang disabilitas, khususnya di BPJAMSOSTEK seluruh Indonesia dan perusahaan lain pada umumnya. (ant)

Baca Juga :  Selalu Ada Tempat Buat Orang Jujur… PERCAYALAH