by

Resmi; Himpunan Mahasiswa NTT-Sumbawa Terbentuk

-Pendidikan-185 views

Sumbawa Besar, BERBAGI News – Himpunan Mahasiswa NTT – Sumbawa (HIPMANT-SUMBAWA) resmi dibentuk dan dikukuhkan, Minggu (30/10/2021) yang bertempat di gedung TK Sari Asih jln Diponegoro Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk sementara terdapat 43 anggota dalam organisasi tersebut. Organisasi ini dibentuk dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya generasi NTT yang menimbah ilmu di Sumbawa, sehingga perlu ada wadah atau organisasi dalam menghimpun kreativitas, ide, gagasan, serta silaturahim antar sesama anak perantau dari NTT.

Dari organisasi ini pula berbagai kegiatan konstruktif dalam mengenalkan budaya dan adat NTT diperkenalkan ke publik. Adanya wadah tersebut menjadi satu rumah kreatif bagi mahasiswa NTT yang ada di Sumbawa untuk melakukan gerakan-gerakan positif bagi Sumbawa dan khusus bagi NTT sebagai daerah asalnya.

Organisasi merupakan sebuah wadah sebagai tempat berkumpulnya sekumpulan orang atau individu-induvidu yang memiliki keinginan dan kepentingan bersama untuk mencapai suatu tujuan dan cita-cita bersama. Di dalam kepentingan yang sama itu kemudian akan menentukan tujuan yang hendak di capai bersama-sama dan di lakukan secara bersama-sama, dan menentukan pula bentuk dari pada organisasinya.

“Organisasi apapun nama dan sifatnya memiliki paradigma perjuangan merupakan keniscayaannya. Paradigma inilah yang menjadi panduan logis untuk menjalankan Organisasi atau aksi-aksi Organisasional,” terang Rikardus Wagur, ketua umum perhimpunan yang baru dikukuhkan

Himpunan Mahasiswa NTT-Sumbawa sebagai sebuah organisasi daerah yang telah secara tegas menyatakan bahwa Mahasiswa yang sadar akan tugas dan tanggung jawab dalam mengemban amanah untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan melibatkan diri dalam kegiatan sosial di tengah masyarakat dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mengandung nilai-nilai positif.

“Kami bertekad menyatukan diri dalam sebuah wadah yang mengabdi bagi terbinanya insan yang cerdas, militan, kreatif, inovatif, bermartabat, bermanfaat dan memiliki tanggung jawab bagi seluruh rakyat Indonesia secara khusus masyrakat NTT dengan menjujung tinggi nilai sportivitas dan mengedepankan nilai moralitas,” jelas Rikardus mahasiswa Fisipol Unsa semester 3 ini.

Baca Juga :  Kelas Jurnalisme Digital, AMMAN: Peduli Kapasitas Wartawan

Rikardus yang merupakan salah satu mahasiswa vokal dan kreatif dalam menghimpun berbagai kegiatan kemahasiswaan bersama rekan-rekannya yang berasal dari NTT juga menyampaikan tentang usaha-usaha yang akan dilakukan melalui organisasinya yakni membina mentalitas dan spritualitas Mahasiswa NTT-Sumbawa yang terdaftar dalam keanggotaan HIPMANT-SUMBAWA sehingga menjadi pribadi yang utuh dan Peduli terhadap Lingkungan sosial masyarakat, mengembangkan potensi dan skill (keahlian) anggota, munumbuhkembangkan jiwa kepedulian dari setiap anggota terhadap kondisi Bangsa dan Negara.

Selanjutnya melakukan pengembangan diri Mahasiswa yang terdaftar, berperan aktif dalam dunia akademisi (kemahasiswaan) dan kepemudaan untuk mencapai target pembangunan Sumber Daya Manusia  (SDM), menampakan diri dengan memunculkan sebuah wadah yang di beri nama Himpunan Mahasiswa NTT-Sumbawa (HIPMANT-SUMBAWA) sebagai simbol persatuan dan persaudaraan di tengah masyarakat sumbawa secara khusus masyarakat NTT yang ada di Sumbawa NTB, dan melibatkan diri di dalam setiap kegiatan sosial seperti di Gereja, Masjid dan kegiatan sosial lainnya yang mengandung nilai posistif.

Dan sebagai wadah untuk bersilatuhrami dan mempererat tali persaudaran baik sesama Mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan masyarakat serta sebagai wadah untuk saling belajar dan bertukar ide dan gagasan. (lz).

News Feed