Menjelang WSBK Mandalika, Penumpang di Bandara Naik 21 Persen

Berita Utama503 Views

Praya, Lombok Tengah, BERBAGI News – Jumlah penumpang di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai meningkat menjelang penyelenggaraan ajang Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Lombok, tanggal 19-21 November 2021.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto di Praya, Rabu mengatakan, bahwa menjelang ajang WSBK itu terjadi peningkatan jumlah penumpang bila dibandingkan dengan sebelumnya.

“Kenaikan penumpang pesawat di Bandara Lombok itu sekitar 21 persen,” katanya.

Ia mengatakan, dari data pergerakan penumpang, rata-rata pergerakan penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok, selama November (sampai tanggal 15 November 2021) adalah 4.000 penumpang per hari.

Sedangkan rata-rata pergerakan penumpang pada Oktober 2021 yaitu 3.300 penumpang per hari.

“Per hari saat ini bisa mencapai 4000 penumpang atau terjadi peningkatan sekitar 21 persen,” katanya

Sementara itu, pergerakan pesawat di Bandara Lombok baik datang maupun berangkat itu mencapai 40 pesawat perhari menjelang WSBK. Sedangkan pada bulan Oktober lalu pergerakan pesawat itu sekitar 30 pesawat perhari.

“Pergerakan pesawat juga ikut meningkat sekitar 20 persen. Semoga ke depan bisa lebih meningkat lagi,” katanya.

Sebelumnya, pengembangan fasilitas Bandara Lombok telah tuntas dikerjakan dan siap mendukung serta menyambut kedatangan logistik dan penonton pada ajang IATC dan WSBK yang akan digelar di Sirkuit Mandalika Lombok.

“Pembangunan perpanjangan runway, perluasan terminal kargo dan pengembangan fasilitas pendukung lainnya di Bandara Lombok telah tuntas dan siap mendukung WSBK,” katanya.

Menjelang ajang balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika pengamanan di Bandara Lombok Internasional telah dimantangkan.

“Simulasi pengamanan di Bandara Lombok ini bertujuan untuk menguji prosedur penanganan keadaan darurat yang tertuang dalam dokumen Program Keamanan Bandar Udara (PKBU),” kata General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati.

Baca Juga :  550 Warga NTB ikuti Seleksi Calon Pekerja Migran Indonesia ke Taiwan

Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan personel, penyamaan persepsi, serta cara bertindak dari setiap personel di lapangan dari masing-masing instansi yang tergabung dalam Airport Security Committee (ASC).

“Ini dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan IATC dan WSBK 2021 di Mandalika,” katanya. (ant)