Road to MotoGP 2022: Sirkuit Mandalika Siap Menjadi Primadona Baru

Olahraga567 Views

Jakarta, BERBAGI News – Sirkuit Pertamina Mandalika sudah menjadi salah satu primadona dunia balap begitu trek di pesisir selatan pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu mempersiapkan diri sebagai tuan rumah MotoGP 2022.

Trek sepanjang 4,3km dan 17 tikungan itu juga bakal menjadi sirkuit jalan raya pertama yang masuk kalender MotoGP setelah Dorna Sports mengumumkan jadwal provisional musim balapan tahun depan.

Selain mendapat slot pada 20 Maret untuk menggelar Grand Prix Indonesia, Sirkuit Pertamina Mandalika mendapat kehormatan menyambut tim dan pebalap lebih dini di Lombok ketika mereka melakukan tes pramusim pada 11-13 Februari.

Kabar ini menjawab antusiasme dan kegelisahan publik Indonesia yag merupakan salah satu negara yang memiliki basis fan MotoGP terbesar di dunia.

Indonesia sebelumnya berambisi menggelar Grand Prix MotoGP  Oktober tahun lalu, namun terpaksa diundur karena terganjal pandemi COVID-19 dan pembangunan sirkuit yang belum tuntas, kendati petugas di lapangan mengatakan progres konstruksi lintasan sudah “on track”.

Setelah managing director Dorna Sports Carlos Ezpeleta dan safety officer FIM menginspeksi Sirkuit Mandalika April tahun lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir resmi memundurkan MotoGP di Mandalika menjadi Maret 2022.

Kemudian beberapa bulan berselang, sebagai kado Hari Kemerdekaan RI, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan proses pengaspalan trek Sirkuit Mandalika telah rampung 100 persen dan Indonesia semakin percaya diri menuju MotoGP 2022.

“Ini memberi kepercayaan diri bahwa ‘Road to MotoGP’ berada di jalurnya,” kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah.

Baca Juga :  Tingkatkan Eksistensi Kampus, BEM STIKes Hamzar Gelar PKOM-02