by

Wisata Alam, “Air Terjun Babak Pelangi”

-Pariwisata-13 views

BERBAGI News – Memang tidak ada habisnya jika membahas wisata alamat di Lombok Tengah yang kini menjadi primadona setelah adanya kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Hampir setiap bulan kita mendengar munculnya nama-nama destinasi wisata alam baru.

Tempat wisata alam yang baru ini muncul adalah Air Terjun Babak Pelangi. Terletak di Lombok Tengah tepatnya di Dusun Rerantek, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara. Sebelum sepopuler sekarang tempat wisata air terjun ini digunakan oleh warga setempat untuk dijadikan tempat mandi.

Namun, sekitar di tahun 2018 barulah mulai ditetapkan sebagai tempat wisata alam oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Lalu seperti apa keindahan dan juga fasilitas yang disediakan oleh pengembang objek wisata ini? Yuk disimak..!

Fasilitas dan Tiket Masuk Air Terjun Babak Pelangi

Air Terjun Babak Pelangi, di Dusun Rerantek ini dengan ketinggian 8 meter, debit air terbilang tidak terlalu deras sehingga cocok untuk dijadikan tempat mandi. Airnya jernih dan juga masih sengat alami, ditambah lagi nuansa alam yang masih asri.

Fasilitas yang Disediakan

Untuk menunjang kenyaman para pengunjung pihak pengelola tentunya sudah menyiapkan beragam fasilitas. Contoh fasilitas pertama yang disediakan adalah tempat untuk mengganti baju sehingga ketika akan mandi atau sesudah mandi akan lebih nyaman ketika berganti baju.

Selain itu terdapat beragam fasilitas umum lainnya untuk membuat para pengunjung nyaman. Fasilitas pendukung kenyamanan selanjutnya seperti toilet, tempat beristirahat, musholla, gazebo, dan terdapat area parker.

Biaya Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata alam ini sangat murah hanya Rp. 5000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir Roda dua Rp. 2000 dan untuk roda empat Rp. 5000.

Air terjun babak pelangi buka pada jam 08.00 Wita hingga tutup pada jam 17.00 Wita. Untuk sampai ke lokasi wisata ala mini, para pengunjung harus melawati hutan.

Baca Juga :  Inalillahi, Alfan Penderita Tumor Asal Lombok Timur Meninggal Dunia

Menghilangkan penat setelah bekerja sehari-hari dengan datang ke tempat liburan alam ini maka hal yang tepat.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Babak Pelangi

Air terjun ini berlokasi tepatnya di Dusun Rerantek, Lombok tengah. Seperti diketahui bahwa Dusun Rerantek ini berada di paling ujung Desa Lantan dan juga berada jauh di pedalaman sehingga tempatnya masih asri dan indah karena jarang terjamah.

Untuk datang ke tempatnya bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor atau juga mobil. Namun, sangat disarankan untuk datang menggunakan motor, karena jika menggunakan mobil terbilang rawan mogok karena jalannya cukup sempit.

Perjalanan melalui pusat Kota Mataramhingga ke pertigaan Desa Pancor Dao. Dari pertigaan ini, tinggal lurus terus mengikuti jalan utamanya kira-kira jarak ditempuh hingga Desa Lantan sekitar 3 KM.

Setelah sampai di Desa Lantan, tinggal jalan terus hingga masuk ke hutan kemudian akan menemui pertigaan. Dari pertigaan ini belok kanan untuk ke Dusun Rerantek. Kira-kira jika berangkat dari Kota Mataram sekitar 1-2 jam.

Berlibur untuk menghilangkan penat menjadi pilihan yang tepat. Salah satu tempat yang cocok untuk di masukan ke dalam list liburan adalah air terjun babak pelangi Dusun Rerantek, Lombok Tengah.

News Feed