by

FFS#3 : Layar Tancap Tomanto, Tayang Perdana Film Lokal Sumbawa

BERBAGI News – Festival Film Sumbawa (FFS) menyelenggarakan program Layar Tancap Tomanto yang akan dilaksanakan 5 hari berturut-turut dari tanggal 23 sampai dengan 27 November 2021 pada pukul 20.00 wita sampai dengan selesai di Pelataran Studio Kreatif (co-working space Yayasan Masyarakat Film Sumbawa (YMFS), Sumbawa Multimedia, Kronik Sumbawa, dan Sumbawa Cinema Society) tepatnya di Jalan Lintas BTN Bukit Permai – Simpang Boak, Lingkungan Bukit Harapan, Samapuin, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.

Dengan mengusung tema Perempuan, Alam, dan Ketahanan Budaya, Layar Tancap Tomanto FFS #3 ini akan memutar film-film karya para sutradara perempuan Indonesia antara lain Kamila Andini, Ucu Agustin, Fanny Chotimah, Chonie Prysilia, Yulika Anastasia, yang beberapa diantaranya telah meraih penghargaan baik di kancah festival film nasional maupun internasional. Selain itu, Layar Tancap Tomanto FFS#3 juga memutar film karya dari komunitas film di Tanah Air antara lain Komunitas Imaji Papua dan Komunitas Aceh Documentary yang berkolaborasi dengan Minikino Denpasar dalam mendistribusikan kompilasi film Indonesia Raja 2021 yang membicarakan tentang hak perempuan yang terenggut akibat relasi yang lebih berpihak terhadap patriarki.

Tak kalah dengan film-film lainnya, dua film terbaru dari komunitas Sumbawa Cinema Society (SCS) yang berjudul “Jastip” (Reny Suci, 2020) dan “Dimana Nurani” (Anton Susilo, 2020) pun akan diputar perdana setelah hampir dua tahun tertunda karena pandemi. Keberpihakan YMFS terhadap promosi dan pemajuan film lokal Sumbawa dan talenta baru dalam dunia film di Sumbawa ini ditandai dengan memberikan ruang dan kesempatan bagi pemutaran karya perdana para tunas muda perfilman Sumbawa dalam program The Best Three Fasilitasi Produksi Ide Cerita Film Pendek dan Pemutaran karya finalis Kompetisi Film Dokumenter Pelajar se-Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga :  Pengumuman: Tiga Ide Cerita Film Pendek Fiksi dan Dokumenter Terbaik FFS#3

Adapun beberapa judul film karya para sutradara perempuan yang akan diputar antara lain “Biah, Pelantun Terakhir Pantun Iban di Sungai Pelaik” karya Dominikus Uyub; “Sejauh ku Melangkah” karya Ucu Agustin; Kompilasi 5 (lima) film pendek Aceh yang tergabung dalam program Indonesia Raja 2021 Minikino, yang akan diputar pada hari pertama layar tancap yaitu 23 November 2021. Kemudian ada film “Noken Rahim Kedua” dan “Hutan Perempuan” karya Yulika Anastasia Indrawati (komunitas Imaji Papua) yang akan diputar pada hari kedua, 24 November 2021. Kedua film karya Kamila Andini yang berjudul “Sendiri Diana Sendiri” dan “Laut Bercermin” akan diputar pada tanggal 25 November 2021. Film “kOsOng” karya Chonie Prysilia yang bertema tentang pernikahan tanpa anak dan hak perempuan atas tubuh mereka serta film “You and I” karya Fanny Chotimah yang mengangkat kisah kehidupan dua perempuan tua eks Tapol Wanita Peristiwa 1965 akan menyemarakkan Layar Tancap Tomanto pada hari Jum’at 26 November 2021.

Hari terakhir Layar Tancap Tomanto akan diisi dengan pemutaran perdana (premiere) karya sineas Sumbawa yaitu film “Jastip” dan “Dimana Nurani” karya komunitas film Sumbawa Cinema Society (SCS). The Best Three karya pemenang kompetisi ide cerita yang kemudian difasilitasi oleh FFS menjadi tiga buah film pendek yaitu “Selembar Kertas” (sutradara: Harsa Perdana, fiksi); “Mengalir” (sutradara: Tiara Dwi Aryanti, dokumenter), dan “Baseme: Skincare Perempuan Sumbawa” (sutradara: Indri Ardianti, dokumenter juga akan diputar perdana. Kemudia, momen yang paling ditunggu oleh para pelajar se-Kabupaten Sumbawa adalah pemutaran karya para finalis Kompetisi Film Dokumenter Pelajar yang juga akan diputar pada momen puncak layar tancap ini.

Untuk itu, Layar Tancap Tomanto mengundang seluruh masyarakat Sumbawa untuk hadir dan nonton bareng serangkaian karya film tanpa dipungut biaya alias GRATIS. Meskipun Kabupaten Sumbawa sudah memasuki zona hijau, namun para pengunjung yang akan datang dihimbau untuk tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehaan Covid-19 untuk mencegah munculnya klaster baru. Mari datang dan ramaikan jangan lupa mengajak keluarga, sahabat, dan handai taulan sebanyak mungkin. Sampai jumpa di lokasi pemutaran di pelataran Kreatif Tomanto! Informasi mengenai acara ini bisa diakses di akun instaram @festivalfilmsumbawa atau hubungi panitia acara di nomor WA/Handphone 081910882898 (Ridho Fisabilillah).

News Feed