Tidak Hanya Berbagi Donasi, Tangan Berbagi bersama Ikadubas NTB Berbagi Ilmu Pengetahuan

Lombok Timur, BERBAGI News – Yayasan Tangan Berbagi Indonesia bersama Ikatan Duta Bahasa (Ikadubas) NTB Kantor Bahasa Provinsi NTB menggelar Gerakan Literasi dan Donasi (Garasi) di kampung Transmigrasi Angkatan Darat (Transad) Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Sabtu (04/12/2021).

Ketua Tangan Berbagi, Lalu Sahid Wiadi mengatakan bersyukur Tangan Berbagi dapat bersama kantor Bahasa NTB berbagi peduli Pendidikan terutama dalam penggunaan Bahasa kepada anak usia dini.

“Alhamdulilah hari ini kami dapat bersama Ikadubas NTB menyalurkan amanah para donator untuk renovasi pembangunan Musholla TPQ Al-Iklas Transad. Bantuan berupa 20 zak semen dari tangan Berbagi dan 1 dum truk pasir dari Ikadubas NTB,” jelasnya.

Kegiatan Garasinya tersebut, Tangan Berbagi dan Ikadubas selain memberikan donasi atas pembangunan Musholla TPQ Al-Iklas, juga memberi literasi kepada anak-anak kampung transad tentang budaya Nusa Tenggara Barat berupa dongeng lokal baik dari tanah Samawa, Mbojo juga Sasak.

Keceriaan terlihat di wajah anak-anak saat mendengarkan dongeng juga ketika bermain permainan tradisonal Dengkleq Sasambo.

Pembina Ikadubas NTB, Nuryanti menjelaskan gerakan literasi sangat diperlukan bagi anak anak.

“Sejatinya, literasi sangat penting bagi anak-anak,” katanya.

Bunda Nur sapaan akrab Nuryanti menegaskan kedepannya, bagaimana program kantor bahasa bisa menyasar daerah terpencil terutama soal budaya dan bahasa yang ada di daerah.

“Semoga kegiatan bersama Tangan Berbagi ini, bukan yang pertama dan terakhir, akan tetapi bisa berkolaborasi untuk disetiap kegiatan,” harapnya.

Dalam Garasi tersebut juga Ikadubas berpegang pada Trigatra Bangun Bahasa, bagaimana anak-anak dini untuk selalu mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia, melestarikan Bahasa daerah dan menguasai Bahasa asing.

Sementara itu Ketua Ikadubas NTB, Yusron Hadi mengungkapkan Tangan Berbagi menjadi Inspirasi untuk terus dapat berbagi kepada semua yang membutuhkan dan tidak hanya berupa donasi saja melainkan kepedulian untuk Pendidikan dan Bahasa generasi penerus.

Baca Juga :  Bocah Zahwa Menerima Bantuan Biaya Berobat dari Tangan Berbagi

“Kedepannya dapat terus berkolaborasi bersama Tangan Berbagi, demi kemajuan generasi muda Indonesia,” kata Yusron.

Senada dikatakan Arum Dwi, bahwa agar kedepannya Tangan Berbagi bukan hanya berkegiatan di Lombok saja, tetapi bisa ke pulau Sumbawa – Bima.

Selain itu anggota Ikadubas NTB lainnya, Lalu M. Indra Jaya juga berharap, Ikadubas NTB dan Tangan Berbagi bisa terus dapat Berbagi Ilmu, Berbagi Pengetahuan dan Berbagi Donasi bantuan kepada saudara saudara yang membutuhkan.

Selama dalam perjalanan kelokasi kegiatan, rombongan Ikadubas NTB bersama Tangan Berbagi dipandu oleh Guide Jepang Asita NTB Pahrurozi yang juga sebagai Hubungan Masyarakat (Humas) Tangan Berbagi Indonesia.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan donasi lainnya berupa Buku bacaan, Buku Iqro dan Al-Qur-an yang diserahkan langsung oleh Pembina Ikadubas NTB kepada penanggung jawab Musholla TPQ. (red)