Dirut BNI Raih Penghargaan dari CNBC dan Infobank

Jakarta, BERBAGI News – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Royke Tumilaar meraih dua penghargaan Lifetime Achievement Award in Banking Industry dari CNBC Indonesia dan Top 100 CEO 2021 Infobank.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Royke Tumilaar karena CNBC Indonesia dan Infobank menilai BNI sebagai salah satu perusahaan yang mampu bertahan dan bahkan tumbuh selama krisis pandemi COVID-19.

“Saat ini, BNI adalah bank yang unggul dalam pengembangan API Open Banking dengan 283 jenis layanan dan sudah digunakan oleh 4.000 clients,” ujar Royke dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Royke menuturkan beberapa catatan yang membuat BNI layak untuk memperoleh penghargaan dari kedua lembaga tersebut tercermin dari pencapaian positif kinerja bisnis BNI selama tahun 2021.

Laba bersih perusahaan hingga kuartal III 2021 tumbuh 96,7 persen (yoy), terutama didukung oleh mesin bisnis BNI berupa net interest income (NII) dan fee based income (FBI) yang masing-masing tumbuh sebesar 17,7 persen dan 16,8 persen (yoy).

“Jika NII terdongkrak oleh pertumbuhan kredit yang kembali menguat, maka FBI pun turut tumbuh karena selama pandemi, BNI juga semakin mempercepat transformasi digital dalam semua lini pelayanannya,” katanya.

Selain itu, BNI terus melakukan transformasi digital dilakukan untuk meningkatkan kapabilitas transactional banking, termasuk berkolaborasi dengan fintech dan e-commerce.

Penguatan digital tersebut di antaranya dilakukan dengan mendigitalisasi platform bisnis perusahaan, pengembangan produk-produk digital, dan memperkuat ekosistem digital dengan API Open Banking.

Adapun untuk bergerak lebih kencang pada 2022, perseroan juga sukses mengeksekusi strategi penguatan modal selama tahun 2021 dengan penerbitan Tier 2 Capital senilai 500 juta dolar AS dan Additional Tier 1 Capital Securities senilai 600 juta dolar AS.

Tambahan modal tersebut menopang akumulasi CAR BNI hingga kuartal 3 2021 saja sebesar 19,9 persen atau naik 3,1 persen jika dibandingkan dengan akhir tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Kades Kalipucang Kulon Batang Pergi Ke Pelantikan Naik Sepeda Ontel

“BNI selanjutnya, memperkuat service offerings kepada nasabah, misalnya melalui pembentukan BNI Sekuritas Singapore untuk mendukung bisnis korporasi dan launching program Xpora untuk mendukung nasabah UMKM Go Global,” kata Royke. (ant)